PomadeMan
Wizard Level 20
02 September 2016 - 20:29

4 Langkah Mudah Membuat Double Exposure di Photoshop, Harus Coba!

Pernah ga sih kamu nemuin gambar manipulasi double exposure yang keren banget di instagram atau di blog terus kamu pengen buat yang kaya gitu? Kali ini gw akan share 4 cara mudah untuk membuat double exposure di Photoshop. Check this out!

1. Pilih foto kamu dan buka Photoshop

 

https://www.pexels.com/photo/countryside-sunset-sunrise-summer-23978/

Untuk hasil terbaik gambar atau foto (Objek yang akan diberi efek Double Exposure) harus lebih gelap atau berwarna padat serta mempunyai latar belakang yang polos agar lebih mudah dalam proses pengeditan. Setelah itu pilih gambar atau foto untuk efek Double Exposure (Foto Pohon). Untuk tekstur sebenernya banyak rekomendasi lain seperti foto hutan berkabut, awan, atau cityscapes. Semua pilihan memiliki keindahan tersendiri lho :)

2. Overlay gambar kamu

 

Taruh layer tekstur (Foto Pohon) di atas layer foto yang ingin kamu edit. Pilih layer tekstur dan pilih "Screen" pada blend mode. Kemudian atur opacity-nya sampai keliatan oke ya.

3. Atur Kontras

 

Pilih gambar atau foto kamu, lalu ke Image > Adjustments dan mainkan Level dan Curves di layer gambar atau foto kamu untuk menemukan kontras yang kamu suka. Kontras ini juga yang nantinya akan mempengaruhi tingkat tekstur untuk lebih bersinar *ceilah di akhir gambar atau foto kamu. 

4. Ubah Saturasi dan Penempatan, Tajamkan dan Simpan

 

Kalau kamu tadi memilih untuk tidak memainkan tekstur kamu, maka kamu bisa coba untuk memainkan dengan saturasi dan penempatannya. Terkadang tekstur bunga dan cabang pohon membuat area gambar atau foto kamu terlihat canggung, iya ga sih?
Tapi tenang, kamu bisa rotate teksturnya dengan Ctrl + T dan menyesesuaikannya. Terakhir, gunakan Sharpen pada filter, Filter > Sharpen untuk menajamkan hasil akhirnya. 

Gimana mudah kan? Selamat Mencoba!

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Samyang
    Apprentice Level 3

    mancay banget ini sob, cobain ah