Bagus Satria Wira Kusuma
Wizard Level 21
03 Pebruari 2015 - 14:05

Tips Mengatasi Smartphone Yang Sudah Tercebur Air

 

Tips Mengatasi Handphone Yang Sudah Tercebur Air

                Saat ini banyak smartphone canggih yang sudah dilengkapi dengan berkemampuan agar tahan berada di dalam air. Tapi nyatanya banyak smartphone ataupun ponsel konvensional yang tidak dirancang untuk hal seperti itu. Jika anda tidak sengaja menjatuhkan smartphone anda ke dalam air, pasti hal ini membuat anda panik dan bingung harus mau diapakan smartphone kesayangan anda. Jika anda terjebak dalam situasi seperti ini, jangan panik dulu, lakukanlah tindakan yang tepat. Berikut adalah tipsnya.

Jangan lakukan langkah ini:

-          Jika smartphone anda sudah dalam posisi mati, sangat diharapkan untuk tidak langsung menyalakan ponsel anda terlebih dahulu. Karena hal tersebut bisa mencegah terjadinya kemungkinan korsleting pada kabel atau komponen tertentu.

-          Jika masih dalam posisi hidup, jangan langsung menekan sembarang tombol untuk memeriksa apakah masih berfungsi atau tidak.

-          Sangat dilarang untuk mengguncang atau memiring-miringkan smartphone anda, hal itu dilakukan untuk menghindari air menyebar di dalam komponen.

-          Jangan mencoba mengerikan bagian dalam dengan udara panas, contohnya dengan menggunakan pengiring rambut, karena hal tersbeut sangat rentan dengan udara panas.

-          Dilarang menggunakan blow dryer, karena bisa jadi akan menyebarkan air ke komponen internal yang belum terkena air sehingga nantinya akan memperparah kondisi smartphone.

Langkah yang harus Anda ikuti:

-          Jika pada saat ponsel anda tercebut masih dalam keadaan masih hidup, segeralah untuk langsung mematikan total ponsel anda.

-          Jika ponsel anda tercebur di air yang kotor atau air laut saat anda sedang bermain disebuah pantai, pertama bilaslah terlebih dahulu bagian luarnya. Khusus untuk air laut, bilas dengan air tawar untuk menetralisir garam laut yang jauh lebih berbahaya bagi perangkat elektronik.

-          Lepaskan casing pelindung, keluarkan kartu microSD serta kartu SIM dari slotnya. Dan jika menggunakan baterai yang bisa dilepas, jangan lupa untuk mencabutnya.

-          Pakailah kain lap kering, tisu, atau handuk untuk mengeringkannya, hindari agar air tidak menyebar ke area lain.

-          Jika air sudah masuk ke area yang lebih dalam, Anda bisa menggunakan vakum untuk menyedot air yang terdapat pada celah yang sulit dijangkau.

-          Timbun ponsel dalam beras karena beras sangat baik dalam menyerap cairan (dalam kondisi baterai dan kartu telah dilepas). Meski terkesan janggal namun hal ini merupakan metode umum dalam mengeringkan smartphone atau tablet yang tercebur ke dalam air. Usahakan menimbunnya dalam waktu 24 jam.

-          Jika anda memiliki drybox (kotak penyimpanan yang biasa digunakan untuk kamera digital), masukkan ponsel ke dalamnya selama kurang lebih satu hari.

-          Jangan buru-buru menggunakan ponsel tersebut. Jika kondisinya terbilang parah tunggu hingga satu atau dua hari. Untuk sementara Anda bisa memanfaatkan ponsel cadangan lain yang anda punya (jika ada).

-          Selama masa jeda satu atau dua hari, periksalah apakah masih terlihat air tersisa. Untuk memastikannya, Anda bisa mengeringkan kembali dengan meletakkannya di depan kipas angin atau dijemur di bawah sinar matahari.

-          Jika yakin tidak terdapat air, masukkan kembali baterai dan nyalakan. Periksa apakah respon layar sentuhnya masih berfungsi seperti sedia kala. Jangan lupa nyalakan musik atau lagu untuk memeriksa apakah speaker masih berfungsi.

-          Jika ponsel tidak dapat dinyalakan, cobalah untuk mencabut baterai dan menyalakannya hanya menggunakan charger. Jika berhasil, berarti baterai mengalami kerusakan dan Anda tinggal menggantinya dengan yang baru.

-          Jika semua cara tersebut tidak berhasil, bawalah ke service center resmi atau terpercaya untuk tindakan lebih lanjut.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25
    nice info banget bosss
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    kalo yang unibody gimana ?
  • Bima Satria
    Master Level 25
    ga bisa rip wkwkwk
  • ajengputrip
    Professor Level 14
    kalau kecemplungnya di air laut gimana? hemm
  • Bima Satria
    Master Level 25
    itu kan ada tipsnya kalo air garam -_-
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    itu ada mba sist cara kalo kecemplung di lautsealed
  • ariawan
    Senior Level 11
    hahaha.. dimasukin ke dalem cosmos sama beras?
    personally belom pernah coba sih.. tapi banyak temen ane yang udah, dan berhasil.

    thanks for sharing gan!
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    kayanya itu juga salah satu cara deh, tp kayanya ga tau jg sih wkwkkw
  • Bima Satria
    Master Level 25
    iya kayanya emang bisa kok pake beras, soalnya beras nyerep air gitu katanya
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Kalo jatuhnya ke samudera Pasifik gimana gan?
  • 修復 リンゴ
    Novice Level 1
    Nice info gan, saya juga mau berbagi info dan tips. Cara memperbaiki iPhone 6 lcd berbayang bernoda bergaris http://zapplerepair.com/memperbaiki-iPhone6-lcd-berbayang-bernoda-bergaris.html
  • Miskha Flow
    Novice Level 1

    Handphone saya sudah anti air, jadi ya sudahlah...hahaha...

    harga netbook acer murah

  • Reza
    Senior Level 8

    Kl keceburnya di air laut gmn gan?

    Temen ane br nyelem di laut nih hapena. Udh dibongkar en dikeringin. Tp blm dinyalain lg

  • Bima Satria
    Master Level 25

    Kl keceburnya di air laut gmn gan?

    Temen ane br nyelem di laut nih hapena. Udh dibongkar en dikeringin. Tp blm dinyalain lg

    Reza

    aer laut kan aer asin, wah wasaalam itu mah

  • Kevin Utama
    Novice Level 1

    boleh nih .. patut dicoba dan di share ke yang lain biar jangan terlalu panik