Stephen Lukas
Senior Level 10
25 Agustus 2016 - 21:04

Ini Dia Perbedaan ROM China dan Global untuk Xiaomi!

Xiaomi, mungkin saat ini brand smartphone asal China ini sudah tidak asing lagi didengar oleh kita, karena memang smartphone ini juga menjadi favorit pilihan kita yang ingin smartphone dengan spesifikasi dewa namun dengan budget yang sangat terbatas. Lalu, kita sebagai penggunannya juga sudah pasti mengetahui MIUI, yap MIUI ini sendiri adalah sebuah nama ROM yang diberikan oleh Xiaomi yang didesign khusus untuk para penggunanya, tapi tahukah jika sebenarnya ROM ini memiliki 2 versi yang berbeda?

Perbedaaan ROM China dan Global MIUI

Didalam ROM China, seringkali ini disebut MIUI versi developer China karena biasanya ROM ini masih dalam tahap pengembangan. Jadi, sebelum versi Global muncul, sudah pasti ROM China ini akan muncul terlebih dahulu karena memang diperuntukkan bagi kita yang ingin mencobanya. Selain itu, ROM ini masih memiliki bloatware dimana banyak sekali aplikasi yang terinstall dan menggangu dalam kinerja kita. Tetapi, keuntungannya adalah kita sudah bisa menikmati akses penuh (root) dalam smartphone dan juga adanya Pemutar lagu online yang mungkin menjadi sebuah fitur yang menarik bagi beberapa orang.

Berbeda dengan ROM Global, ROM ini memiliki kriteria yang berbanding terbalik dengan ROM China, sehingga dengan menggunakan ROM ini kita bisa mendapatkan smartphone yang bersih dari bloatware meskipun harus melakukan beberapa langkah untuk melakukan root pada smartphone.

So, bagaimana dengan kalian, lebih suka ROM China atau Global?

 

Sumber InfoGadget

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar