Bagus Satria Wira Kusuma
Wizard Level 21
26 Januari 2015 - 14:10

Waspada dengan iPhone bangkai alias rekondisi

iPhone memang perangkat yang paling di buru oleh para pecinta gadget, desain mewah dan fitur menawan memang ga bisa bohong tetapi keadaan seperti itu di manfaatkan oleh beberapa oknum untuk menjual iPhone rekondisi. Ini ada beberapa hal yang bisa lo cermati agar tidak terkena penipuan seperti itu.

Apa sih iPhone rekondisi itu ?

Simple nya sih, perangkat iphone yang memang sudah rusak atau di tarik oleh pihak apple untuk di hancurkan. Istilah "bangkai" itu di coba oleh beberapa oknum untuk di hidupkan kembali dengan memberikan layar baru, baterai baru dan bahkan ada yang meng-iming iming kan garansi. Intinya sih tetap iPhone yang bisa di instal aplikasi dari App Store tetapi kelemahan nya yaitu kualitas perangkat keras yang perlu di pertanyakan.

Agar tidak tertipu hal seperti itu, simak beberapa tips ini.

1. Cek Hal yang Janggal

Ini adalah langkah yang paling sederhana, yaitu melihat tampilan sevara langsung mulai dari bentuk kemasan, unit iPhone itu sendiri sampai akesoris seperti USB power bawaan dan kabel data. Jika memungkinkan cek juga baterai apakah sudah rusak atau bocor.

2. Pahami Waktu Rilis iPhone

Sudah 7 tahun ke belakang Apple selalu merilis iPhone baru dan men-discontinue veri sebelum nya pada tahun berikutnya atau maksimal 2 tahun. Contoh seperti gambar di atas yaitu perangkat iPhone 4 di launching pada bulan juni 2010 dan dinyatakan discontinue pada oktober 2011. Apakah nanti wajar jika ada orang menjual iPhone 4 kondisi baru pada tahun 2015 atau akhir tahun kemarin ?

3. Cek Serial Number dan IMEI

Nah ini langkah paling benar, yaitu cek serial number atau IMEI number perangkat iPhone itu. Jika sudah di hapus oleh apple patut di pertanyakan. Lo bisa cek serial number di laman selfsolve.apple.com atau pada laman web pihak ketiga itu iphoneimei.info

Jika ada tampilan seperti diatas, sudah dipastikan bahwa iPhone tersebut adalah iPhone rekondisi. Bagaimana tampilan jika memang iPhone baru ?

Ini adalah contoh jika perangkat iPhone tersebut adalah iPhone resmi

Pokoknya harus berhati hati dalam membeli device Apple khusunya iPhone, jangan tergiur dengan harga yang murah.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25
    ngeriiii yang beginian -_____________-
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Untung ane ngga pake gituan wkwk
  • ajengputrip
    Professor Level 14
    h2c nih zzz
  • Bima Satria
    Master Level 25
    hati hati aja sist
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    nice tips mas bro, emang hal hal kaya gini yang harus diperhatikan
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    bener banget, hati2 aja yang mau beli
  • Khoirul Mukminin
    Novice Level 2
    Udah digigit duluan baru dijual...nice info gan
  • Bima Satria
    Master Level 25
    kok digigit ? wkwkw