Burhanudin Alif Rahmat
Novice Level 1
24 Juni 2016 - 10:39

6 Cara Ini dapat Menghemat dan Memperpanjang Umur Baterai Nexus 5X Kamu

Baterai Nexus 5X tergolong besar dengan kapasitas 2700mAh, dengan pemakaian sedang, baterai dapat bertahan seharian, dan tips ini bisa membuat baterai Nexus 5X kamu bertahan lebih lama.

1. Matikan Ambient Display

Ambient Display adalah fitur yang dapat mengirim notifikasi ke layar saat layar terkunci, fitur ini berguna jika pengguna hanya ingin melihat notifikasi tanpa harus membuka smartphone.

Untuk mematikan firu ini, caranya adalah :

- Buka pengaturan pada status bar, atau pada menu.

- Pilih tampilan.

- Alihkan tombol Ambient Display ke off.

 

2.Gunakan Bluetooth Seperlunya

Khusus untuk pengguna smartwatch, Bluetooth tidak boleh absen karena Bluetooth adalah faktor penting untuk menyambungkan smartwatch, berlaku juga untuk seseorang yang sehabis mengirim file lewat Bluetooth terkadang lupa mematikan Bluetooth, padahal Bluetooth juga bisa menghabisakan baterai cukup banyak

- Buka pengaturan.

- Pilih Bluetooth.

- Alihkan tombol Bluetooth ke off.

 

3. Turunkan Kecerahan Layar

Layar Nexus 5X dengan ukuran 5.2 inci dan resolusi Full HD bisa memanjakan mata, namun dibalik keindahannya, layar juga membutuhkan daya yang tidak sedikit, apalagi jika kecerahan layar dibiarkan pada tingkat maksimum, baterai akan terkuras dan juga mata akan lebih cepat lelah.

- Buka pengaturan.

- Pilih tampilan.

- Pilih tingkat kecerahan.

- Atur kecerahan, dengan menentukan tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

Jika cara diatas kurang efektif karena harus mengganti tingkat kecerahan saat berada di tempat dengan kecerahan yang berbeda, cara ini bisa digunakan :

- Buka pengaturan.

- Pilih tampilan.

- Alihkan tombol kecerahan adaptif ke on.

 

4.Batasi atau Matikan Layanan Lokasi

Layanan lokasi dari Google sangat berguna ketika berjalan-jalan, untuk mengetahui beberapa lokasi menarik dari Google maps, dan masih banyak kegunaan lainnya, namun pemakaian layanan lokasi cuku menguras baterai, apalagi jika layan tersebut juga menggunakan GPS.

Layanan lokasi mempunyai tiga mode : akurasi tinggi, hemat baterai, dan hanya perangkat, akurasu tinggi menggunakan GPS dan internet untuk menentukan lokasi, hemat baterai hanya menggunakan Wi-Fi atau internet, dan terakhir perangkat saja menggunakan GPS saja, dari ketiga mode tersebut, yang paling banyak memakan daya adalah akurasi tinggi dan perangkat saja.

Jika kamu tidak sedang menggunakan layanan lokasi, ada baiknya memilih mode hemat baterai, walaupun lokasi nanti tidak akurat, namun baterai dapat cuku terjaga, atau jika tidak sedang memakai layanan lokasi, layanan lokasi bisa dimatikan, caranya sebagai berikut :

- Buka pengaturan.

- Pilih Mode untuk memunculkan mode lokasi, lalu mode berikut akan muncul :

Akurasi tinggi.

Hemat baterai.

Hanya perangkat.

Untuk memtikan layanan lokasi, cukup dengan mengalihkan tombol off pada ujung atas layar.

 

5. Selalu Cek Pemakaian Baterai suatu Aplikasi

- Buka pengaturan.

- Pilih baterai.

Disini pengguna akan melihat secara rinci seberapa banyak suatu aplikasi mengkonsumsi baterai smartphone.

 

6.Hindari Streaming Video

Daripada menonton secara online dengan streaming, jelas baterai anda akan terkuras dengan cepat, alangkah baiknya jika video yang ditonton di unduh agar bisa ditonton offline dan kapan saja

- Pilih aplikasi Google Play Movies and TV.

- Pilih menu, biasanya berlogo ☰.

- Pilih perpustakaan saya.

- Pilih tombol unduh sebelah konten yang ingin ditonton offline.

Itu dia cara agar baterai Nexus kamu dapat bertahan lebih lama. Cara ini juga dapat diterapkan smartphone lain yang mempunyai fitur yang hampir sama.

 

sumber androidcentral

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar