Ludi
Novice Level 2
19 April 2016 - 19:27

Tidur kamu tidak berkualitas? Cobain deh aplikasi Smartphone Ini!

Aplikasi Smartphone untuk Meningkatkan Kualitas Tidur. 

 

Susah tidur selalu sering dikaitkan dengan kebiasaan menggunakan smartphone sebelum tidur, tetapi kali ini kita akan memberikan beberapa tips dan trik yang kamu bisa coba untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan kualitas tidur yang lebih baik melalui beberapa aplikasi yang bisa kamu coba dibawah ini. 

Gunakan Aplikasi Penghasil Suara yang Menenangkan.

Nuansa mempunyai pengaruh yang besar bagi seseorang untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Jika sebelumnya kamu pernah merasakan tidur yang nyenyak sewaktu berkemah, kini kamu bisa mendapatkan suasana  mirip seperti pengalaman yang pernah kamu rasakan sebelumnya melalui bantuan aplikasi Buddhify (download : Play Store / App Store) untuk smartphone kamu melalui suara-suara yang dihasilkan seakan kamu sedang berkemah di alam terbuka. Atau, kamu bisa juga mendengarkan suara-suara yang menenangkan pikiran melalui aplikasi Relax Melodies (download : Play Store / App Store).

 

Mengurangi Radiasi Blue Light.

Riset mengatakan bahwa cahaya bergelombang pendek (blue light) yang dipancarkan oleh smartphone kita dapat menekan tingkat melatonin, hormon yang membuat tubuh mengantuk. Sehingga, terlalu lama menggunakan smartphone di malam hari dapat membuatmu kesulitan untuk tidur.

Untuk mengurangi efek blue light, kamu dapat menggunakan aplikasi Twilight (download : Play Store) di Android yang mampu menekan pancaran blue light dengan cara memberikan filter pada layar smartphone sehingga terlihat lebih “hangat.”

Untuk pengguna iPhone dan iPad, kamu dapat menggunakan fitur Night Shift. Ini adalah fitur baru pada iOS 9.3 ke atas yang akan mengubah komposisi warna layar menjadi lebih “hangat” secara otomatis, ketika matahari di tempatmu berada mulai terbenam. Night Shift dapat kamu temukan pada Settings, lalu pilih Display & Brightness.

 

Memperhatikan Kualitas Tidur.

Cara praktisnya adalah menggunakan aplikasi Sleep as Android (download : Play Store). Aplikasi ini dapat mengatur sekaligus mencatat jadwal tidurmu, mengetahui seberapa nyenyak kamu tidur, bahkan mengetahui apakah kamu mendengkur atau tidak.

Cukup aktifkan aplikasi ini, letakkan smartphone kamu di atas ranjang, dan Sleep as Android akan mencatat “pergerakan” yang kamu lakukan sewaktu tidur dengan bantuan sensor gyro pada perangkatmu. Hasilnya dapat kamu lihat ketika bangun tidur di pagi hari.

 

Bangun lebih nyaman dengan aplikasi alarm

Kamu dapat mencoba aplikasi alarm seperti Warmly (download : Play Store). Aplikasi ini akan membangunkanmu secara perlahan-lahan dengan suara kicauan burung, diikuti dengan suara pilihan seperti suasana di bandara, kafe, atau kuil. Kemudian diakhiri dengan bunyi gong berkali-kali. Dengan begitu, telinga kamu tidak akan terkejut dan dapat bangun dengan lebih nyaman.

 

Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sering merasa sulit untuk tidur. Selamat Mencoba!

 

(Sumber)

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • evanyzd
    Wizard Level 21

    anjay ada juga beginian. mau coba untuk weekend nanti gan. thx sharingnya