Ali Fitri
Novice Level 1
15 April 2016 - 08:00

Cara Meningkatkan Performa Laptop Agar Lancar Main Game

Laptop merupakan sebuah komputer jinjing atau komputer portable yang sebenarnya diciptakan tidak untuk bermain game seperti PC. Walaupun ada juga beberapa seri laptop gaming seperti Alienware.

Namun mayoritas laptop didesain untuk pekerjaan kantor. Karena itulah spesifikasi hardware laptop tak bisa dikostumisasi layaknya PC. Namun buat anda yang suka bermain game laptop tak perlu kawatir. Karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa laptop agar lancar digunakan untuk bermain game. Kostumisasi yang dilakukan bukan pada hardware, melainkan pada software.

Penasaran bagaimana caranya? Tak usah berbasa basi lagi, langsung saja simak ulasan lengkapnya hanya di majalahgadget.com berikut ini.Cara Meningkatkan Performa Laptop Agar Lancar Main Game.

1. Instal Driver Terbaru

Untuk menjadi performa laptop agar tetap maksimal, sebaiknya anda selalu mengupdate rutin driver yang ada pada laptop, terutama laptop yang menggunakan hardware dari vendor ternama seperti NVIDIA ataupun AMD ATI. Dengan mengupdate rutin, maka performa kartu grafis juga akan lebih baik.

2. Overclock GPU

Overclock merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan kinerja sebuah hardware komputer. Walaupun tak semudah PC, namun overclock juga masih bisa dilakukan pada laptop. Caranya adalah dengan menggunakan software driver bawaan. Vendor ternama seperti NVIDIA dan AMD biasanya telah menyediakan fitur untuk mengoverclock GPU.

3. Setting Power Option

Kebanyakan laptop sudah disetting otomatis pada mode balance menyeimbangkan antara ketahanan baterai dan performa. Oleh karena itu performa laptop menjadi kurang maksimal. Anda bisa melakukan setting menjadi performa tinggi pada menu power option.

4. Turunkan Detail Tekstur Game

Bagi anda yang memiliki spesifikasi laptop yang pas-pasan untuk bermain game. Anda bisa melakukan setting game ke mode yang lebih rendah, ntah itu resolusi, detail, maupun tekstur. Hal tersebut akan membuat kinerja game menjadi lebih ringan dan terhindar dari lag.

5. Matikan Program di Background

Agar game dapat berjalan dengan sempurna, usahakan untuk mematikan semua aplikasi yang berjalan pada background. Karena aplikasi tersebut sedikit banyak akan memakan space RAM yang membuatnya menjadi sempit dan menurunkan performa game.

Sumber : http://www.frankgadget.com/2015/10/cara-meningkatkan-performa-laptop-agar.html

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    wah kalo gpu ga support di overclock bijimane gan?