andy212
Novice Level 1
20 February 2016 - 06:01

Tips Meringankan Komputer/Laptop, dengan Bersih-Bersih Software

Dengan tool yang tepat, bersihkan sistem dari program-program yang tak diperlukan, kosongkan Temporary Folder dan atur agar ruang partisi sistem menjadi lebih lega.

  1. Membuat Restore Point Sebelum memulainya, sebaiknya Anda membuat restore point untuk system recovery. Nantinya, setting Windows dan file-file sistem dapat dikembalikan ke kondisi semula dalam hal terjadi kegagalan walaupun sebenarnya risiko tersebut kecil. Pada menu »Control Panel | System and Security | System«, klik »Advanced System Settings«. Pada tab »System Protection«, klik tombol »Create …«, berikan sebuah nama dan selanjutnya klik »Create«.
  1. Buang Crapware Dan Bersihkan Star- tup Pergunakan tool PC Decrapifier dan jalankan dengan administrator privilege. Tool tersebut akan menampilkan daftar berisi sofware-software yang sama sekali tak diperlukan. Software tersebut seringkali preinstalled pada notebook dan PC. Buang software tersebut yang termasuk kategori »Recommended«. Sementara dari daftar software dalam kategori »Questionable« dan »Everything else«, buang program yang tak diperlukan saja. Kelebihan tool ini, semua program yang dipilih dapat dibuang sekaligus.
  1. Hapus Temporary Files Windows dan program menyisakan file-file temporary dalam berbagai folder. Kalau kapasitas system drive mendekati penuh, performa drive (baik magnet maupun SSD) menjadi lebih lambat dari biasanya. Kapasitas penyimpanan yang terbatas akan membuat kecepatan tulis (write access) berkurang. Tool CCleaner dapat membantu Anda untuk merapikan ruang penyimpanan harddisk termasuk membersihkan program-program yang berjalan di startup. Install dan jalankan tool ramping tersebut. Di kiri program menampilkan semua fungsinya. Untuk merapikan sekaligus membersihkan ruang penyimpanan, pergunakan »Cleaner« dengan kategori »Windows« dan »Applications«. Pilih semua presetting yang ditawarkan, namun kosongkan semua checkbox untuk browser standar Anda karena sekalipun dibersihkan akan penuh kembali. Selanjutnya klik »Analyze« dan periksa kembali apakah semua daftar item dapat dihapus. Bila sudah OK, mulai aksi bersih-bersih dengan mengklik »Run Cleaner«. Pada menu »Tools | Startup«, nonaktifkan program-program startup yang tak diperlukan, kecuali yang berhubungan dengan hardware komputer, seperti touchpad atau function button

tips bersih2 software

Sumber : https://teknorus.com/tips-meringankan-komputerlaptop-dengan-bersih-bersih-software/

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    kalo itu mah tiap minggu wajib bersihin gan

  • Bima Satria
    Master Level 26

    kalo itu mah tiap minggu wajib bersihin gan

    Stephen Lukas

    bener, tiap minggu aja biar enak

  • andy212
    Novice Level 1

    Nambah Tips ini :

    • Gunakan Windows Task Manager dan Resource Monitor

    Cara paling ampuh untuk membersihkan RAM adalah dengan membuka Windows Task Manager. Kemudian klik tab Processes untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang bekerja dan menghabiskan resource memory. Cara ini bukanlah menjadi rahasia lagi bagi pengguna Windows.

    Jika dengan melihat tab Processes belum cukup, kamu bisa membuka tab Performance dan klik Resource Monitor, lalu klik tab Memory. Disini akan memperlihatkan lebih jelas penggunakan memory dari setiap aplikasi yang berjalan.

    • Disable atau Uninstall Software yang Tidak Perlu

    Ketika kamu membuka Windows Task Manager atau Resource Monitor, mungkin kamu akan melihat beberapa aplikasi atau software yang selalu aktif walaupun sudah dimatikan. Setiap kali komputer di restart, aplikasi atau software tetap ada. Misalkan saja Dropbox yang menggunakan resource 85MB atau OneDrive yang menggunakan resource 1MB.

    Jual Genset Bandung| Jual Genset Surabaya