Archie Winata
Junior Level 5
18 Pebruari 2016 - 18:03

Ini 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop atau Komputer yang Lemot

 Laptop atau komputer Anda merupakan perangkat yang penting dimana Anda tidak bisa bekerja sehari hari tanpanya. Seiring dengan berjalan waktu maka komputer atau laptop Anda akan terasa berjalan makin lambat. Proses booting dan loading seakan akan menjadi lebih lama dari saat pertama membelinya. Hal ini sebenarnya bisa diatasi apabila Anda rajin merawat dan memaintenance isi dalam laptop Anda baik itu data data maupun program. Berikut ini adalah beberapa penyebab komputer atau laptop Anda menjadi lemot dan performanya berkurang.

  • File temporer terlalu besar

 Jika jumlah file di temp folder Anda sudah menumpuk dan tidak dibersihkan maka akan berimbas pada penurunan performa komputer Anda aendiri. Cara mudahnya untuk membersihkan file temp ini adalah dengan menggunakan software gratis CCleaner. Cukup lakukan analyze dan lalu bersihkan seketika itu juga. Anda akan merasakan peningkatan pada performa komputer Anda.

  • Spesifikasi Komputer Anda terlalu rendah

Mungkin komputer Anda sudah terlalu lama sehingga spesifikasi nya tidak cukup dan mampu lagi menjalankan program program terkini yang kebanyakan membutuhkan spesifikasi komputer yang sedikit lebih tinggi. Jika hal ini yang terjadi maka tidak heran Anda merasakan penurunan performa komputer Anda terutama saat menjalankan game atau program tersebut.

  • Terlalu banyak program yang terpasang di komputer

Jika terlalu banyak memasang program di komputer Anda maka beban pada saat booting pertama kali akan menjadi besar dan hal ini berimbas pada komputer Anda yang semakin terasa lemot. Kebiasaan kita adalah terlalu banyak memasang program padahal tidak semuanya kita pakai sehari hari. Beberapa program bahkan kita lupa sudah terpasang di komputer kita dan hanya diam saja mengendap dan memakan memori. Uninstall program yang tidak atau jarang terpakai demi mengurangi beban pada komputer Anda.

  • Virus

Jika terjadi serangan virus pada komputer Anda hal tersebut bisa juga menyebabkan komputer tiba tiba menjadi lemot. Selalu gunakan antivirus yang diupdate dan secara berkala scan komputer Anda supaya mencegah infeksi virus lebih jauh lagi terhadap komputer Anda.

  • Spesifikasi komputer terlalu jadul

Kalau komputer Anda memang sudah ketinggalan zaman, mau bagaimana lagi sedangkan sekarang ini kebutuhan akan spesifikasi komputer yang tinggi semakin banyak. Sehingga tak ada jalan lain selain membeli komputer baru atau kalau masih bisa diupgrade komputer Anda.

  • Komponen komputer ada yang rusak

Kalau didapati ada komponen komputer Anda yang mengalami kerusakan bisa terjadi penurunan kinerja komputer Anda. Bahkan bila kerusakannya sudah dalam tingkat parah komputer Anda bisa jadi tidak hidup sama sekali alias mati total. Untuk menghindari hal ini terjadi rajinlah merawat dan membersihkan komputer Anda terutama hardwarenya. Dan jaga agar pemakaian tidak terlampau lama.

SUMBER 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar