Archie Winata
Junior Level 5
17 Pebruari 2016 - 18:25

Ini Tips Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli!

Banyak orang memilih membeli laptop bekas dibanding membeli laptop baru. Hal ini didasarkan beberapa faktor dan pertimbangan. Salah satunya adalah karena biaya yang dialokasikan cukup minim. Dan beberapa orang juga membeli laptop bekas karena hanya akan digunakan untuk keperluan ringan atau sementara saja semisal untuk mengajarkan anak cara memakai laptop atau sekadar mengetik dan browsing. Nah bagi Anda yang termasuk kategori di atas ini akan dibagikan beberapa tips membeli laptop bekas dan cara mengeceknya apakah laptop bekas tersebut masih layak pakai agar jangan sampai Anda tertipu.

Cek Keadaan Fisiknya

Selalu lihat keadaan fisik laptop sebelum membeli. Kita bisa lihat dari casing laptop tersebut. Apakah banyak lecel lecet atau cacat di casingnya? Atau bahkan ada yang sampai penyok? Pastikan masih layak pakai.

Lalu bisa kita lihat layar dari laptop tersebut.Bisa dicek apakah ada piksel yang mati pada layar atau dikenal dengan dead pixel dan pastikan cahaya dan warnanya masih normal dan jelas.

Lalu kita beralih ke keyboard dan touchpad. Cek secara teliti apakah masih berfungsi dengan baik dan memiliki tingkat sensitivitas yang baik. Cek setiap tombol keyboard apakah masih lengkap dan berfungsi semuanya.

Cek Bagian Dalam

Bagian dalam dari laptop sangat penting untuk dicek agar performa laptop terjamin dan dapat berfungsi dengan baik.

Pertama dari sisi prosesor diharapkan sudah menggunakan prosesor di atas pentium 4 agar mencapai performa yang baik untuk menjalankan aktivitas Anda.

Kedua dari RAM. Pastikan RAM dalam keadaan baik dan masih ada slot untuk diupgrade nantinya. Usahakan minimal RAM laptop bekas yang Anda ingin beli adalah 512 MB atau 1 GB.

Ketiga dari segi Harddisk atau memori penyimpanan. Pastikan juga masih berfungsi dengan baik dan perkirakan apakah harddisknya cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari hari nantinya.

Terakhir perhatikan baterai laptop tersebut. Biasanya laptop bekas memiliki baterai yang sudah tak lagi maksimal fungsinya jadi Anda harus mempertimbangkan matang matang apakah Anda akan membeli baterai baru nantinya atau bila untuk sekadar dipakai di rumah maka kemungkinan tidak perlu sampai mengganti baterai.

Nah jika sudah melakukan langkah langkah di atas kini tinggal tentukan sikap Anda apakah sudah merasa cocok dengan laptop bekas tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau Anda memilih untuk menabung lagi dan beralih ke laptop baru yang mana harganya bervariasi dari yang murah sampai yang mahal. Semua kembali lagi kepada diri Anda.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar