Archie Winata
Junior Level 5
15 Pebruari 2016 - 17:55

Waspada, Bug di iPhone ini Bisa Bikin Smartphone Mati!

Jika Anda mempunyai kebiasaan suka memasang tanggal dan waktu yang sudah lewat ke iPhone Anda mungkin kini Anda harus berpikir dua kali lagi bila akan melakukannya. Hal ini akan berdampak serius pada ponsel Anda.

Seorang youtuber bernama Zach Starley menggungah sebuah video yang menjelaskan bagaimana kebiasaan tadi bisa membuat ponsel iPhone Anda rusak dan bahkan mati total tanpa bisa dinyalakan kembali.

Dalam video yang diuploadnya Zach diperlihatkan mengubah pengaturan tanggal di iPhone miliknya menjadi tanggal 1 Januari 1970. Setelah itu ia mematikan iPhone miliknya dan kemudian menghidupkannya kembali.

Hal yang terjadi selanjutnya cukup mengejutkan. iPhone miliknya tidak bisa sampai ke layar utama iOS, dan berhenti di proses booting. iPhonenya benar benar tidak bisa digunakan dan direstore lagi bahkan melalui DFU.

Nah jika ingin melihat video lengkapnya silahkan lihat di bawah ini.

Bug ini sebenarnya tidak sengaja ditemukan oleh pengguna iPhone di negeri China. Di sana user iPhone ingin memperbaiki masalah mengenai tanggal di iOS 9.3 Beta 3. Namun alhasil iPhone tersebut justru tidak bisa dihidupkan kembali setelah mengalami perubahan setting ke tanggal yang sudah lewat dan kemudian dimatikan.

Berita 'agak' baiknya adalah kejadian ini dilaporkan hanya terjadi pada perangkat yang menggunakan prosesor arsitektur 64 bit sepertiĀ A7, A8, A8X, A9 dan A9X, sedangkan bagi iPhone dengan prosesor berarsitektur 32 bit masalah ini tidak muncul. Namun perlu dicatat error ini berlaku pada semua versi iOS.

Sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai bug ini dari pihak Apple langsung. Jadi bagi Anda para pengguna smartphone iPhone hanya bisa berharap harap cemas menunggu kejelasan dan perbaikan bug ini. Dan tentunya tidak mengubah tanggal iPhone Anda ke tanggal yang sudah lewat kalau tidak mau iPhone Anda rusak total.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar