DimensiData
Apprentice Level 3
11 Januari 2016 - 16:52

Tips Cara Merawat cartridge serta Printer agar Tetap  Awet dan Tahan Lama

Banyak vendor yang membuat terobosan baru dengan menciptakan printer berkualitas dan lebih canggih. Kita bisa membeli printer yang bisa digunakan untuk mencetak jarak jauh, printer dilengkapi dengan Wifi, Printer bisa langsung di sambungkan dengan smartphone android dan masih banyak lagi keunggulan printer saat ini. Dibandingkan printer terdahulu, printer sekarang memang canggih, sayangnya banyak pengguna yang enggan merawatnya.

Kita sering mengabaikan perawatan printer, padahal sangat penting bagi kita untuk merawatnya agar printer tahan lama. Beberapa merek printer saat ini yang bisa Anda dapatkan diantaranya adalah Canon, Epson, Hewlett Packard (HP) dan lainnya. Disamping itu, ada beberapa tipe printer yang bisa Anda pilih diantaranya printer inkjet, printer dot matrik dan juga printer laser jet.

Tips Ampuh Cara Merawat cartridge serta Printer agar Tetap Awet

Kebanyakan, masyarakat lebih suka menggunakan printer inkjet. Printer satu ini merupakan jenis printer yang mudah digunakan karena Anda tidak pelu membongkar printer saat pengisian tinta. Harga printer inkjet juga murah dibandingkan printer lainnya. Namun, sekalipun Anda menggunakan printer inkjet, Anda pun juga harus merawatnya dengan baik.

Lalu, bagaimana cara merawat printer agar tetap awet dan nyaman digunakan? Berikut ini beberapa tips ampuh merawat printer atau cara merawat printer agar lebih awet dan tahan lama yang bisa Anda lakukan sendiri:

  1. Hindari tidak menggunakan printer sama sekali
    Taukah Anda, jika Anda tidak pernah menggunakan printer, hal ini justru membuat printer Anda cepat rusak. Dibandingkan jika Anda menggunakan printer dengan tidak menggunakan printer sama sekali, lebih baik Anda menggunakan printer tersebut secara berkala. Justru printer yang sering digunakan secara berkala lebih awet dibandingkan printer yang tidak pernah dipakai. Terutama printer inkjet, jika tidak digunakan sama sekali, hal ini bisa menyebaabkan tinta pada head cartridge menjadi kering, hal inilah yang menyebabkan proses printing menjadi terhambat.
  2. Rutin bersihkan printer
    Mempersihkan printer dari debu dan kotoran menyebabkan printer menajdi lebih awet dan printer tidak mudah macet saat digunakan. Anda bisa membersihkan printer tanpa menunggu printer menjadi kotor atau berdebu.
  3. Print kertas yang tepat
    Jangan memaksakan printer untuk mencetak kertas yang tidak sesuai dengan kapasitas atau ukuran printer. Pastikan kertas sesuai dengan spesifikasi printer Anda. Pilihlah kertas yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis dan hindari kertas yang mudah kusut. Kertas kusut bisa menyebabkan printer macet saat digunakan.
  4. Jangan biarkan tinta printer kosong
    Segeralah isi ulang tinta cartridge printer jika tinta tersebut akan habis, jangan menunggu cartridge kosong. Tinta yang kosong bisa menimbulkan head cartridge menjadi tersumbat.
  5. Hindari menyentuh cartridge dengan tangan
    Menyentuh chip cartridge langsung menggunakan tangan Anda dapat membuat terjadinya kerusakan pada alat tersebut, hal ini karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis dan mengganggu komponen tersebut.
  6. Hindari printing terlalu banyak
    Sekalipun Anda memiliki pekerjaan yang harus dicetak yang cukup banyak, hindari printing terlalu banyak dalam waktu yang sama. Anda bisa mematikan printer untuk mengistirahatkannya sejenak setelah Anda mencetak dokumen. Setelah beberapa saat, Anda bisa menggunakan printer untuk mencetak kembali.
  7. Hindari penggunaan kertas yang telah berdebu dan kotor
    Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kertas akan menjadi kotor. Bila hal ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi haus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.
  8. Mematikan printer dengan benar
    Pastikan saat selesai menggunakan printer, Anda mematikan printer dengan benar. Matikan printer dengan menekan tombol power, hal ini menyebabkan posisi cartridge kembali ketempat asalnya. Hindari mematikan printer langsung pada stop kontak, selain berbahaya, hal ini bisa menyebabkan printer cepat rusak.

Itulah tips singkat dan mudah cara merawat printer agar lebih awet dan tahan lama yang bisa dilakukan sendiri tanpa biaya yang mahal seperti ulasan diatas, maka kami yakin tidaklah sulit untuk merawat printer yang Anda gunakan dari berbagai macam kerusakan. Selain caranya mudah juga tidak menyita banyak waktu.

Sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar