DimensiData
Apprentice Level 3
06 Januari 2016 - 14:37

Aplikasi atau Software Wajib yang Harus terinstall pada Komputer dan Laptop Anda

Agar instalasi komputer Anda semakin lengkap, Anda bisa menginstal beberapa aplikasi tambahan yang bisa digunakan setiap hari. Jika kita membeli komputer, ada beberapa aplikasi bawaaan yang memang sudah disediakan oleh vendor komputer tersebut sehingga kita tinggal menggunakannya saja. Namun, kadang kita masih membutuhkan aplikasi lainnya. Dan masing-masing pengguna komputer bisa memilih aplikasi yang berbeda.

Software Wajib yang Harus diInstal pada Komputer

Sebelum Anda menambahkan aplikasi lain, Anda wajib memiliki beberapa aplikasi di bawah ini. Mengapa wajib? Tentu saja hampir semua aplikasi di bawah ini sangat penting untuk membantu Anda alam bekerja dan lainnya.

Berikut ini adalah aplikasi atau software yang wajib diinstal ketika Anda baru saja menginstal ulang Windows:

  1. Driver
    Sebaiknya dahulukan install driver dari setiap hardware yang kamu gunakan di PC atau laptop kamu seperti misalnya VGA, Motherboard, Monitor, bahkan keyboard dan mouse jika memang memiliki driver sendiri untuk pengaturannya. Kamu bisa download DriverPack yang menyediakan kumpulan driver lengkap dari berbagai macam hardware.
  2. Aplikasi bisnis dan perkantoran
    Hampir semua komputer, laptoop, notebook bahkan gadget selalu memiliki aplikasi perkantoran dan bisnis. Aplikasi ini sering menjadi aplikasi bawaan atau sudah ada sejak kita membeli komputer. Beberapa aplikasi perkantoran dan bisnis yang wajib dimiliki adalah Ms. Word, Ms. Excel, Wordpad/ Notepad, Powerpoint, Ms. Access, Ms. Publisher dan lainnya. Beberapa aplikasi perkantoran tersebut digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, bisnis maupun untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan kuliah. Namun, seringkali kita kurang puas dengan aplikasi bawaan tersebut sehingga kita bisa mengganti aplikasi tersebut dengan aplikasi versi terbaru yang lebih canggih dan lebih lengkap fiturnya.
  3. Browser
    Browser merupakan aplikasi yang wajib dimiliki oleh komputer,laptop dan lainnya. Aplikasi ini sangat penting jika Anda sering menggunakan internet untuk bekerja atau sekedar mencari informasi. Aplikasi browser tersebut pada umumnya sudah terintegrasi dengan OS. Beberapa aplikasi browser yang bisa Anda pilih adalah Mizilla Firefox dan Google Chrome. Kedua aplikasi tersebut memiliki kecepatan yang baik dan juga berkualitas. Tak heran jika kedua browser baik Mozilla dan Chrome sering menjadi browser bawaan komputer, laptop maupun gadget.
  4. Downloader
    Setelah install browser, rasanya kurang lengkap kalau tidak disertai software downloader untuk download software lain, download lagu, download film, hingga download file-file penting. Untuk software downloader kamu bisa percayakan pada Internet Download Manager.
  5. AntiVirus, AntiMalware, dan Keamanan
    Antivirus merupakan aplikasi yang wajib Anda miliki di komputer. Dengan aplikasi ini maka sistem komputer bisa terjaga dari virus dan sejenisnya. Anda bisa mendapatkan aplikasi antivirus di internet, baik berbayar maupun gratis. Namun, untuk menjaga komputer dan sistem serta data didalamnya dari virus dan malware, Anda bisa memilih antivirus berbayar untuk ditempatkan di komputer.
  6. Aplikasi edit gambar
    Bagi mereka yang bekerja di dunia fotografi atau desain grafis, aplikasi yang wajib dimiliki di komputer adalah aplikasi edit gambar. Aplikasi ini bisa didownload sendiri atau menjadi aplikasi bawaan komputer. Beberapa aplikasi edit gambar diantaranya paint, adobe photoshop dan lain-lain. Kedua aplikasi ini memungkinkan kita untuk melihat foto-foto atau gambar yang ada di komputer.
  7. Aplikasi file pdf
    Aplikasi pdf merupakan aplikasi yang digunakan untuk membaca file dalam bentuk pdf misalnya saja untuk membaca ebook atau dokumen dalam format pdf. Beberapa aplikasi pdf yang bisa Anda pilih doantaranya Foxit Reader, Adobe Acrobat Reader dan lainnya.

Anda bisa memilih aplikasi atau software komputer sesuai dengan kebutuhan, pendidikan, usia ataupun lainnya. Kebanyakan aplikasi yang disediakan di komputer adalah aplikasi yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari untuk bekerja. Namun, tidak ada salahnya bukan jika Anda juga menambahkan beberapa aplikasi lainnya di komputer.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar