Archie Winata
Junior Level 5
05 Januari 2016 - 20:22

10 Aplikasi Android Ini Bikin Boros Baterai Smartphone

AVG sebuah lembaga antivirus kenamaan baru baru ini merilis daftar Apps yang diketahui sangat boros dalam penggunaan baterai smartphone. Mungkin ada salah satu Apps favorit Anda masuk di dalamnya?

Dikutip dari liputan6.com, laporan ini merupakan hasil dari survei AVG terbaru terhadap pengguna AVG di smartphone mereka sebanyak sekitar 1 juta user. Adapun survei dilakukan di kuartal ketiga 2014 dengan cakupan Apps yang jumlah downloadnya mencapai lebih dari satu juta.

Dan tak bisa dipungkiri lagi Facebook menjadi urutan pertama. Menurut AVG hal ini disebabkan Facebook secara konstan mengkoneksi data mereka untuk mengirim notifikasi terupdate dan informasi lainnya sehingga memerlukan koneksi data terus menerus hal ini menyebabkan baterai terkuras cukup cepat.

Urutan kedua ditempati oleh Path, disusul Instagram di posisi keempat. BBM juga masuk dalam 10 besar Apps yang banyak makan energi baterai smartphone. Lebih lengkapnya, berikut 10 aplikasi Android yang paling banyak menguras baterai smartphone.

Dan berikut ada tips hemat baterai smartphone Anda dari kompas.com

  • Matikan Sinyal Radio

Seringkali di suatu daerah kita tak mendapatkan sinyal untuk Smartphone kita. Dalam kondisi tersebut adalah lebih baik matikan saja biasa di atur di settings. Karena jika dinyalakan maka smartphone akan terus menerus mencari koneksi sinyal dan hal ini akan memakan terus baterai smartphone. Dan bila tidak diperlukan juga matikan wi-fi dan bluetooth smartphone Anda karena juga lumayan memakan baterai.

  • Airplane Mode

Cara lebih mudah adalah tinggal menyalakan Airplane Mode maka semua dari sinyal wi-fi, koneksi data sampai bluetooth pun otomatis non-aktif sehingga baterai Anda terjaga.

  • Fitur getaran atau vibration

Jika Smartphone Anda dalam profil silent, vibration akan sangat berguna dalam membuat Anda tetap terupdate dengan SMS atau call yang masuk. Namun bila tidak dalam silent mode lebih baik dimatikan saja karena ternyata getaran ini cukup menyedot banyak energi baterai smartphone Anda. Matikan saja bila tak diperlukan.

  • Tutup apps yang sudah tak dibutuhkan

Apps yang tidak dibutuhkan bila dalam kondisi idle adalah tetap memakan baterai dan jumlahnya tidak bisa diremehkan, Jadi segeralah tutup aplikasi Anda yang sudah selesai digunakan. Dan kurangi multi tasking bila tak diperlukan.

  • Streaming¬†

Kurangi kegiatan streaming video dan musik karena memakan banyak energi dan kegiatan ini bisa dilakukan secara offline melalui storage memory Anda agar baterai lebih hemat.

  • Brightness Layar

Semakin tinggi brightness maka baterai dipaksa menggunakan energi yang lebih untuk menampilkan kecerahan tersebut. Kurangi brightness layar Anda bila merasa baterai Anda cepat boros.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Samyang
    Apprentice Level 3

    kampret emang Facebook notifnya -_______-

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    emg Facebook tuh berat bener, smpe ane uninstall