Archie Winata
Junior Level 5
22 Desember 2015 - 22:13

5 Tips Membedakan Android Palsu dan Asli

Di zaman kini semua dari kita pasti hampir memiliki yang namanya smartphone dan kebanyakan berOS Android atau kita biasa sebut Android Smartphone. Di pasaran kini dijual berbagai macam smartphone Android dari yang harganya paling murah sampai dengan berteknologi tinggi dengan harga tinggi juga.

Nah celakanya di luar sana tidak hanya Android asli saja yang beredar. Ya kita kalau beli yang asli pasti puas dan wajar. Nah bagaimana kalau kita tidak tahu dan ternyata yang kita beli adalah Android palsu atau replika? Wah bisa kacau sekali pastinya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk membedakan Android asli dan palsu sehingga kita tak mudah tertipu dan dibodohi oleh android replika yang semakin marak di pasaran.

1. Selalu Utamakan Riset Terlebih Dahulu

Kebanyakan dari kita tertipu karena kekurang tahuan dan ini adalah titik lemah yang diincar penjual replika. Jadi jelas Anda harus cari informasi atau riset sebanyak banyaknya dengan gadget Android incaran Anda agar Anda tidak tertipu dengan Android replika murahan.

2. Periksa Hardware Melalui CPU-Z Maupun AIDA

Periksa dulu spesifikasi gadget dengan software CPU Z atau AIDA dengan kedua software tersebut kita bisa tahu dan mencocokan spesifikasi Android. Nah disini bisa terlihat jelas mana replika mana yang asli karena ketahuan langsung dari tampilan software. Dan replika juga sudah terkenal dengan bahan yang buruk.

3. Periksa Menggunakan Antutu Officer

Bisa juga menggunakan software lain yaitu Antutu Officer. Bedanya Antutu lebih simpel dan tak njelimet dibanding dengan kedua software di atas. Antutu otomatis memeriksa komponen dalam Android dan mengecek itu replika atau bukan. Sangat mudah dan simpel.

4. Boot Ke Dalam Menu Recovery

Biasa para peniru lupa dalam menu recovery. Kebanyakan menu recovery pada hape replika adalah dalam bahasa China atau bahkan tidak ada sama sekali sedangkan pada Android asli jelas berbahasa Inggris. Jadi fitur ini bisa dicek kita mempunyai yang replika atau yang asli.

5. Periksa Kelengkapan Penjualan

HP replika biasa tak lengkap saat kita membuka boks pertama kali. Nah bagaimana kita tahu isi boks yang lengkap sedangkan kita mau membeli produk tersebut? Anda bisa menggunakan youtube dan mencari video unboxing atau pembukaan boks pertama kali gadget yang ingin Anda beli jadi Anda sudah tau lebih awal akan kelengkapan gadget tersebut dan tidak tertipu paket yang tak lengkap dari replika.

Demikian beberapa tips yang dapat dibagikan agar kita semua tak mudah tertipu Android replika. Karena kalau sampai tertipu itu sakitnya disini.... haha selamat mencoba tipsnya!

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar