DimensiData
Apprentice Level 3
14 Desember 2015 - 14:36

Jenis Masalah Yang Sering Terjadi Pada Komputer dan Laptop

Pernahkah Anda bermasalah dengan PC, komputer atau Laptop di rumah atau di kantor, padahal Anda benar-benar ingin segera menyelesaikan pekerjaan. Sebenarnya yang mengalami hal tersebut bukan hanya Anda, masih banyak orang yang sering bermasalah dengan PC. Di zaman yang serba digital ini memang menuntut kita untuk serba cepat dan salah satunya adalah dengan menggunakan PC saat kita bekerja. Komputer atau PC merupakan perangkat yang sangat membantu kerja kita, namun kadang juga membuat kita pusing jika PC bermasalah, betul? Kadang, kita hanya menggunakan PC saja tanpa melakukan perawatan terhadap perangkat tersebut.

5 Masalah Yang Sering Terjadi Pada komputer

Sayangnya, hanya beberapa orang saja yang mau peduli dengan PC yang mereka gunakan. Jika PC bermasalah, barulah mereka sadar dan kadang menyalahkan PC tersebut. Siapa yang salah sebenarnya, Anda atau PC Anda? Tentu saja manusia lah yan g herus bertangung jawab atas apa yang mereka pakai. Misalnya saja Anda menggunakan PC setiap hari, jika PC tersebut tidak pernah Anda rawat, pastinya mudah rusak. Dan itu adalah kesalahan Anda bukan salah si PC. Ada cukup banyak masalah yang timbul karena PC tidak dirawat atau hanya dipakai saja.

Dibawah ini, ada 5 masalah yang sering muncul pada PC Anda.

1. Blue Screen

Blue Screen

Pernahkah tiba-tiba monitor PC Anda berwarna biru dan terdapat tulisan yang membingungkan? Banyak pengguna Windows yang mengalami masalah Blue screen pada PC mereka, hal ini bukanlah perubahan backgroud pada PC Anda. Jika hal ini terjadi maka PC Anda bermasalah, jadi jangan senang dulu. Jika tiba-tiba monitor PC berwarna biru maka Anda harus melakukan reboot. Jika Blue Screen berlangsung terus menerus maka Anda bisa melihat tulisan yang ada pada layar. Jika Anda benar-benar tidak paham, langkah terbaik adalah memperbaikinya pada sang ahli komputer.

2. Loading lambat

Loading lambat

Masalah lain yang sering terjadi pada PC adalah loading lambbat atau PC tiba-tiba berjalan sangat lambat. Jika hal ini terjadi, masalah mungkin bukan karena kerusakan pada komponen PC Anda. Jadi, jangan buru-buru membeli komponen baru untuk mengganti komponen yang Anda anggap rusak. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memantau terlebih dulu proses yang sedang berlangsung saat Anda bekerja, apakah PC mampu menjalankan program yang berat atau tidak. Yang kedua, cobalah untuk mengatur aplikasi apa saja yang dibutuhkan, bisa jadi PC lambat karena terlalu banyak aplikasi berat.

3. File sharing hilang

File sharing hilang

File sering hilang adalah salah satu masalah pada PC, hal ini bisa dihindari dengan membacup file secara berkala. Jika memang file masih hilang, Anda bisa memeriksanya pada Recicle Bin atau Anda menggunakan software khusus untuk mencari file-file yang hilang tersebut.

4. Koneksi internet kurang stabil

Koneksi internet kurang stabil

Banyak pengguna internet merasakan hal yang kurang menyenangkan saat mereka online karena koneksi internet lambat atau kurang stabil. Hal ini sering muncul pada PC, dan jika hal ini terjadi, lakukan diagnosa untuk membantu Anda menangani masalah koneksi lambat tersebut.

5. PC sering mati tiba - tiba

PC sering mati tiba - tiba

PC atau  Laptop yang sering mati secara tiba-tiba saat Anda bekerja, hal ini bisa membahayakan data yang Anda kerjakan. Data bisa hilang karena Anda belum sempat save data tersebut dan PC tiba-tiba mati. Untuk mengatasinya, Anda bisa mendiagnosa beberapa komponen terkait atau jaringan yang berhubungan dengan daya pada PC.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar