Muhammad Eros Julian
Professor Level 13
29 November 2015 - 23:30

Element2 penting yang mempengaruhi intensitas cahaya masuk pada kamera Brica Pro 5

ada 3 elemen penting untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk pada kamera :

1. ISO (100, 200, 400, 800, 1600)

Aama lainnya ASA kalo masih pada inget kamera poket jadul beli film pasti ditanya ASA berapa, Fungsi pengaturan iso buat ngatur tingkat sesitifitas sensor digital terhadap cahaya. semakin kecil angka ISOnya intensitas cahaya yang diterima sensor digital akan semakin rendah hasilnya juga jadi sedikit pencahayaan (lebih gelap) karna sedikit cahaya yang masuk jadinya gambar jadi lebih smooth. kalo  tinggi angka ISOnya, intensitas cahaya ke sensor juga semakin tinggi, hasilnya gambar jadi lebih terang, tapi hasilnya gambar jadi lebih kasar biasa dikenal noise/grainy.

2. Aperture / Av (1.2, 1.4, 1.8, dst)

fungsi sebagai pintu gerbang cahaya yang masuk ke lensa. semakin kecil angka semakin besar bukaan semakin banyak cahaya masuk, semakin besar angkanya bukaan nya semakin kecil, semakin sedikit cahaya yang masuk. Nah yang penting buat pengguna action cam, aperture itu berhubungan sama exposure (Ev), kalo di B-PRO lensanya udah diatur Av-nya fix 2.8 kalo ngga salah. kalo exposure itu buat yang pengguna dslr/slr/poket/mirrorless suka liat kaya gini ni :

 

  | I I I | I I I | I I I | I I I |      

-2    -1      0      1      2     

 

Nah ini tergantung kameranya kalo b-pro AP semakin besar (2) angka semakin banyak cahayanya / terang, semakin kecil (-2) semakin sedikit / gelap
Kalo AE denger2 kebalikannya, -2 semakin terang +2 semakin gelap CMIIW

3. Shutter Speed (1/0.3, 1/100, 1/800, dst)

Shutter speed ini ukuran kecepatan bukaan rana kamera. Rana itu berfungsi buat menjaga dan menyaring cahaya yang masuk ke rsensor digital. didalam rana ini terjadi aktivitas pengaturan arus cahaya yang masuk melalui lensa yang dikendaliin sama tombol shutter. Semakin cepat rana (misalnya bukaan 1/100, 1/500, dan seterusnya) maka semakin sedikit cahaya yang masuk. Semakin lambat rana (misalnya 1/5, 1 detik, 5 detik, 10 detik, dan seterusnya) maka semakin banyak cahaya yang masuk. 

jadi buat pengguna action camera, yang perlu diperhatikan kalo mau gambar terang atau gelap itu ada dua, exposure sama ISOnya, tapi hati2 sama ISO tinggi bisa bikin gambar jadi noisy/grainy tapi beberapa orang malah sengaja nambahin noisynya biar efek gambarnya lebih drama jadi ngga salah juga gambar yang noisy siapa tau emg dia sengaja. 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar