DimensiData
Apprentice Level 3
16 November 2015 - 16:17

Tips Cara Membersihkan Laptop Luar dan Dalam

Siapa saja bisa memiliki lebih dari satu laptop apalagi sekarang harga laptop sangat terjangkau. Anda bisa membeli berbagai merek dan model laptop sesuai keinginam tapi sayang kadang Anda dan mereka yang memilikinya malas untuk mempersihkan laptop. Menjaga dan merawat kebersihan laptop kadang dianggap hal yang tidak penting, padahal dengan menjaga kebersihan laptop baik luar maupun dalam, hal ini akan memperpanjang umur laptop. Beberapa merek laptop memang memiliki tingkat keawetan yang baik, namun jika laptop tersebut tidak pernah dibersihkan, tentu saja sekalipun mereknya berkualitas, laptop akan mudah rusak.

Laptop, notebook ataupun komputer yang bagian dalamnya kotor karena debu, hal ini bisa menimbulkan laptop atau PC mudah panas Laptop yang panas, kinerjanya menjadi menurun dan akhirnya lelet, jika laptop lelet Anda pasti tidak bisa menggunakannya dengan lancar. Karena itu, membersihkan laptop memang kewajiban Anda, jangan hanya memakainya sesuka hati. Salah satu bagian yang sering kita gunakan pda laptop adalah keyboard. Bagian satu ini memang mudah sekali kotor oleh debu dan kotoran lainnya. Jika kotoran tersebut melekat pada keyboard, hal ini bisa menimbulkan tombol-tombol keyboard susah ditekan. Bukan hanya keyboard, bagian layar laptop juga mudah sekali terkena debu dan kotoran. Jadi, memang sudah sepantasnya jika Anda membersihkan bagian dalam dan bagian luar laptop secara teratur agar umur laptop mejadi lebih lama da awet.

Bagaimana cara membersihkan keybord?

cara membersihkan keybord

Bagian keyboard pada laptop bisa dibersihkan dari debu dan kotoran dengan cara yang mudah. Pertama gunakan dryer atau udara bertekanan ringan pada sela-sela keyboard. Hal ini bertujuan mengangkat kotoran dan debu yang ada disela-selay keyboard. Setelah itu, gunakan bulu gepeng untuk membersihkan keyboard dari debu atau kotoran. Anda juga bisa mengguaka cairan khusus yang difungsikan membersihkan keyboard laptop. Cairan ini bisa Anda beli dipasaran beserta bulu gepeng dan juga dryer khusus untuk membersihkan laptop.

Membersihkan bagian dalam laptop

Membersihkan bagian dalam laptop

Bagian dalam laptop yaitu fan, body, heatsink dan juga ventilasi sangat mudah terkena kotoran dan debu. Untuk membersihkan bagian ini Anda bisa memanfaatkan jasa perawatan laptop. Pada umumnya, debu yang menempel pada bagian dalam laptop bisa menimbulkan efek yang tidak maksimal pada kinerja laptop. Jika debu dan kotoran tetap dibiarkan pada bagian dalam laptop, hal ini bisa merusak laptop dan pastinya Anda harus mengganti bagian-bagian dalam yang rusak. Karena itu, cara yang aman membersihkan bagian dalam laptop adalah dengan memilih jasa maintenance laptop.

Membesihkan bagian luar laptop

Membesihkan bagian luar laptop

Bagian luar laptop yang mudah terkena debu adalah kipas dan layar monitor serta keyboard. Untuk memersihkan layar monitor, pakaialah cairan yang dikhususkan untuk membersihkan layar laptop. Pilihlah lap yang khusus untuk pembersih layar komputer dan saat membersihkan layar, matikan laptop terlebih dulu. Selain layar, Anda juga harus membersihkan kipas dari kotoran. Caranya adalah dengan memlih jasa maintenance komputer jika Anda belum memahami cara membersihkannya. Cukup gunakan semprotan khusus dengan tekaan udara yang rendah untuk menghilangkan debu pada kipas laptop. Setelah itu, bersihkan colokan USB atau port ari debu dan kotoran. Caranya cukup gunakan kuas lembut atau cotton bud untuk membersihkan kotoran didalamnya. Port yang bersih akan memudahkan koneksi perangkat yang Anda hubungkan misalnya saja koneksi modem.

Jadi, jangan sepelekan kebersihan laptop karena semakin bersih laptop Anda semakin panjang umurnya dan Anda yang akan mendapatkan manfaatnya.

Sumber: Blog DimensiData

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar