DimensiData
Apprentice Level 3
27 Oktober 2015 - 14:22

Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Dari Radiasi Layar Komputer/Laptop

Menggunakan komputer setiap hari, bahkan Anda bisa menghabiskan lebih dari 6 jam di depan layar komputer, hal ini ternyata tidak baik bagi kesehatan. Apa yang Anda lakukan di depan komputer memang suatu keharusan mengingat saat ini memang hampir semua pekerjaan menuntut Anda untuk mengggunakan komputer. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui bahwa berada di depan layar komputer itu bisa menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan. Namun, jangan takut dan berkecil hati, karena semua itu bisa dicegah dengan mudah.

Sebelum Anda mengetahui beberapa tips dan cara untuk mencegah radiasi cahaya pada layar komputer, ada baiknya Anda mengetahui dampak negatif dari radiasi cahaya komputer yaitu merusak kesehatan mata. Efek negatif paling utama dari radiasi cahaya layar komputer adalah kerusakan pada mata.

Kesehatan mata bisa terganggu akibat seringnya Anda berada di depan layar komputer, jika hal ini tidak segera di atasi kesehatan mata bisa semakin terganggu. Banyak pengguna komputer yang sering mengeluhkan lelah pada mata mereka. Hal ini disebabkan karena radiasi gelombang elektromagnetik yang timbul oleh komputer. Pada monitor komputer, ada beberapa jenis radiasi yang dihasilkan. Semua radiasi yang dihasilkan oleh layar komputer tersebut sangat sulit diuraikan oleh mata.

Beberapa radiasi yang dihasilkan oleh monitor komputer diantaranya adalah sinar ultraviolet, sinar X dan gelombang mikro. Karena itulah, bagi Anda yang sering berlama-lama menggunakan komputer, cara terbaik adalah melakukan beberapa tindakan untuk mencegah kelelahan pada mata dan mencegah gangguan kesehatan mata.

Berikut beberapa tips dan cara mencegah radiasi dari cahaya layar komputer:

1. Mengatur jarak pandang

Mengatur jarak pandang Monitor

Aturlah jarak pandang mata dengan layar monitor, jarak yang tepat untuk berhadapan dengan layar monitor adalah sekitar 4 cm. Jangan terlalu dekat dengan layar monitor namun juga jangan terlalu jauh saat berhadapan dengan layar monitor.

2. Mengatur pencahayaan

pencahayaan pada layar monitor

Untuk mencegah kerusakan mata, Anda bisa mengatur pencahayaan pada layar monitor. Anda bisa mengatur kontras dan juga tingkat keterangan pada layar. Sesuaikan pengaturan tersebut sehingga Anda bisa benar-benar nyaman berada di delan layar komputer.

3. Perhatikan penerangan

Mengatur pencahayaan ruangan

Mata yang lelah bisa disebabkan oleh penerangan yang salah, bahkan penerangan bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Anda bisa mengatur penerangan ruangan di rumah atau di kantor. Jangan menggunakan penerangan yang terlalu keras, hal ini justru bisa membuat mata menjadi semakin tegang. Anda bisa menggunakan penerangan alami dengan cara membuka jendela ruangan sehingga cahaya di luar bisa masuk kedalam ruangan.

4. Menyesuaikan warna dan huruf
Aturlah dan sesuaikan warna serta ukuran huruf yang ada pada komputer. Jika pengaturan huruf terlalu kecil maka mata semakin tegang dan tubuh menjadi lebih condong ke arah layar komputer.

5. Mengistirahatkan mata

Mengistirahatkan Mata

Mata yang lelah tidak boleh dipaksakan untuk bekerja di depan layar komputer, karena itu, jika mata terlalu lelah, sebaiknya Anda beristirahat terlebih dulu. Rilekskan mata setidaknya 15 menit setelah Anda berada di depan layar komputer selama 2 jam.

6. Gunakan kacamata

Gunakan kacamata

Jika Anda memang mengalami masalah pada mata, Anda bisa menggunakan kacamata yang sesuai dengan permasalahan Anda. Hal ini bisa mengurangi masalah kesehatan mata Anda saat berada di depan layar komputer.

Bekerja di depan layar komputer memang harus diperhatikan betul, hal ini untuk mencegah kerusakan atau gangguan pada mata Anda.

Sumber: DimensiData

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    thanks gan infonya :D