Muhammad Eros Julian
Professor Level 13
25 Oktober 2015 - 23:43

Ini Tutorial Backup ROM Hape Android Chipset Mediatek

Bahan – Bahan Yang Dibutuhkan :

  1. MTK Droid Tools download versi terbarunya, lalu ekstrak hasil downloadnya dimana saja pada PC/Laptop.
  2. SP Flash Tool download versi terbarunya, lalu ekstrak hasil downloadnya dimana saja pada PC/Laptop.
  3. Text editor Notepad++ atau sejenisnya, setelah didownload silahkan install pada PC/Laptop.
  4. USB Vcom Driver (setelah download pilih InstallDriver.exe atau install driver secara manual)

 

Langkah-Langkahnya:

# Pastikan kalau kalian sudah menginstal aplikasi USB Vcom Driver, setelah itu beralih ke Hape untuk mengaktifkan USB Debugging pada menu Developer Option denga cara Settings>Developer Option>centang USB Debugging/

 

# Lalu hubungkan hape ke PC atau laptop kalian dengan USB dan jalankan aplikasi MTK Droid Tools seperti gambar dibawah ini.

 

 

# Pilih Blocks Map untuk membuat file scatte dan kemudian save scatter file tersebut. Tapi jangan ditutup dulu aplikasinya dan matikan sebentar hape Android kalian.

 

# kemudian buka aplikasi SP Flash Tool dan lalu load scatter file yang sebelumnya kalian save seperti gambar dibawah ini. 

 

 

#Setelah itu pilih tab Readback dan tekan tombol add. Nanti pasti muncul barus baru pada tab tersebut. Klik 2x aja untuk menyimpan file ROM yang nanti akan diproses. 

 

# Jangan tutup dulu jendela “Readback block start address”, sekarang buka scatter file yang tadi sudah kita buat menggunakan aplikasi text editor. Setelah dibuka, cari bagian partition_name: CACHE lalu copy nilai hex dari line linear_start_addr tersebut ke kolom Length yang berada pada jendela Readback block start address di program SP Flash Tool, lalu Pilih OK.

 

# Tekan tombol “Read Back” pada aplikasi SP Flash Tool, lalu hubungkan ponsel ke PC/Laptop (dalam keadaan mati) menggunakan USB. Proses Backup Stock ROM atau read back akan segera berjalan, silahkan tunggu sampe ada notifikasi sukses (seperti pada gambar di bawah) jika sudah selesai kamu bisa tutup program SP Flash Tool.

Backup Stock ROMBackup Stock ROM

 

# Nyalakan kembali ponselmu, lalu hubungkan pada PC/Laptop dan buka lagi program MTK Droid Tools. Pilh tab “root, backup, recovery” pada MTK Droid Tools, lalu pilih opsi “To process file ROM_from Flash Tool” akan otomatis terbuka jendela baru, cari file hasil readback (file ROM_0 seperti contoh pada tahap ke 5 di atas) lalu pilih open, maka secara otomatis proses ekstrak file hasil readback akan segera berjalan.
Backup Stock ROM Backup Stock ROM

# Saat dalam proses ekstrak biasanya akan muncul jendela untuk membuat file CWM secara otomatis, silahkan pilih “YES” jika ingin membuat file CWM atau pilih “NO” jika ingin melewati proses membuat file CWM otomatis, tetapi disarankan pilih saja “YES”
Backup Stock ROM

Tunggu sampai proses ekstrak selesai akan ada tulisan — task is complete — pada line terkahir di program MTK Droid Tools, jika sudah selesai kamu bisa langsung menggunakan file-file tersebut untuk melakukan flashing.
Backup Stock ROM 14 Backup Stock ROM 15

 

Sumber Robothijau net

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar