Arif Nur Ridwan
Wizard Level 22
22 Oktober 2015 - 23:15

Ini Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Anti Virus

1. Masuk ke Safe Mode

Untuk masuk ke Safe Mode caranya mudah gan, normalnya pada setiap perangkat Android caranya dengan kombinasi tombol volume dan power namun jika memang tidak bisa, coba googling dengan keyword "safe mode (tipe Android)". Di Safe mode, lo bisa hanya akan menjalankan aplikasi inti yang ada didalam sistem jadi nanti semua aplikasi yang sebelumnya lo instal tidak akan ada di app drawer. Hal tersebut memudahkan lo untuk membersihkan file file tidak penting.

Cara Menghilangkan Virus di Android Kamu Tanpa Antivirus-2

2. Cek aplikasi di Safe Mode

Cara Menghilangkan Virus di Android Kamu Tanpa Antivirus-3

Setelah itu cek aplikasi yang sudah terinstal dengan cara masuk ke menu Settings - Apps dan piluh tab Downloaded. Di sana sistem akan menghilangkan semua aplikasi pihak ketiga. Jadi jika disana nanti ada aplikasi asing yang lo sendiri merasa tidak pernag instal maka bisa dicurigai itu adalah aplikasi yang terinfeksi virus.

 

3. Hapus aplikasi mencurigakan

Cara Menghilangkan Virus di Android Kamu Tanpa Antivirus-4

Jika sudah ketemu dengan aplikasi aneh itu, klik aplikasinya dan langsung aja di Uninstal ga pake lama. Namun jika lo tidak bisa meng-uninstal aplikasi tersebut bisa jadi dikarenakan aplikasi tersebut sudah diberikan akses administrator. 

4. Hapus akses administrator aplikasi asing

Cara Menghilangkan Virus di Android Kamu Tanpa Antivirus-6

Saat menemukan aplikasi asing yang memberikan akses administrator pada dirinya sendiri, tugas lo adalah menghapus akses administratornya. Caranya, keluar dari Application Settings, lalu masuk ke Settings - Security - Device Administrator. Hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Selanjutnya, kembali ke Application Settings dan periksa aplikasi mencurigakan tadi, harusnya sekarang lo sudah bisa menghapusnya.

5. Keluar Safe Mode

5-hal-utama-wajib-ada-di-smartphone-generasi-saat-ini-7

Setelah proses penghapusan aplikasi mencurigakan selesai, selanjutnya lo tinggal keluar dari Safe Mode. Caranya dengan melakukan proses Restart seperti biasa.

 

Semoga bermanfaat, sumber jalantikus

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar