DimensiData
Apprentice Level 3
19 Oktober 2015 - 16:11

Spesifikasi dan Tips Merakit Kompute PC Gaming High End

Bermain game memang bukan konsumsi anak-anak saja, orang dewasa pasti juga suka dengan permainan di komputer tersebut. Untuk memainkan game agar mulus, yang harus Anda lakukan adalah mengetahui beberapa spesifikasi PC yang tepat untuk gaming. Untuk menghemat biaya, Anda juga bisa merakit sendiri PC untuk gaming. Karena PC untuk gaming dan PC yang digunakan untuk menjalankan pekerjaan biasa berbeda, sehingga spesifikasinya tentu harus tepat.

Beberapa spesifikasi dalam merakit PC untuk gaming diantaranya:

  1. Prosessor
    Petimbangan spesifikasi PC gaming yang pertama adalah prosessor. Untuk gaming, Anda bisa memilih prosessor Intel ataupun AMD karena kedua pabrikan tersebut menggunakan teknologi yang mendukung gaming. Untuk gaming, setidaknya Anda harus memilih processor yang memiliki 4 inti prosessor. Jangan memilih prosessor dengan dua inti prosessor karena bisa membuat permainan game tersendat.
  2. VGA
    VGA atau Graphic Card juga menajdi pertimbangan Anda sebelum merakit PC untuk gaming. VGA menjadi perangkat yang sangat penting dalam gaming karena menentukan kualitas dari permainan game tersebut. Pada umumnya, untuk permainan game, Anda harus mempertimbangkan kemampuan VGA dan harus diimbangi dengan prosessor yang digunakan sehingga tidak menimbulkan bottleneck. Pilihlah VGA yang menggunakan teknologi Directx 11, kemudian menggunakan video RAM dengan jenis DDR3 berkapasitas 2 GB. Beberapa kartu grafis yang sudah menggunakan teknologi Directx 12 diantaranya Nvidia GT 430 dan AMD Radeon HD 5570.
  3. RAM
    Random Access Memory (RAM) juga penting untuk PC gaming apalagi untuk memainkan game terbaru. Untuk game baru setidaknya Anda harus memilih RAM minimal 6GB dan akan lebih bagus lagi jika kapasitas RAM sebesar 8 GB. Anda juga bisa memilih PC yang menggunakan RAM DDR3 karena kapasitasnya jauh lebih besar dari DDR sebelumnya.
  4. Hardisk
    Tidak semua game harus mensyaratkan hardisk, namun untuk beberapa game, mereka membutuhkan ruang hardisk setidaknya 40 GB. Anda bisa memilih hardisk dengan kapasitas 500 GB sehingga nantinya Anda bisa menyimpan lebih banyak game terutama game berat.
  5. Motherboard
    Untuk gaming lebih seru, Anda bisa memilih motherboard yang memiliki Chipset dengan kode seri 75 atau kode 77.

Tips merakit PC Gam,ing High End

Setelah Anda mengetahui beberapa spesifikasi komponen penting PC untuk gaming, Anda bisa mempelajari beberapa tips untuk merakit sendiri PC gaming dibawah ini.

  1. Membeli komponen PC sesuai dengan spesifikasi PC gaming
    Seperti beberapa spesifikasi komponen PC untuk gaming di atas, Anda bisa membeli komponen yang akan dirakit untuk PC gaming. Semakin tepat komponen PC yang sesuai untuk gaming, maka Anda bisa bermain game dengan lancar. Saat ini ada cukup banyak komponen pendukung untuk PC gaming sehingga tidak terlal sulit bagi Anda untuk membelinya.
  2. Beli komponen sesuai budget dan kebutuhan
    Pastinya, untuk merakit kompoter gaming, Anda membutuhkan dana, dan dana yang Anda keluarkan bisa diminimalkan dengan cara membeli komponen sesuai kebutuhan. Anda tidak pelu membeli komponen yang tidak begitu dibutuhkan untuk PC gaming sehingga Anda tidak membuang dana percuma.
  3. Tanyakan pada ahlinya
    Jika Anda belum pernah merakit PC gaming sendiri, ada baiknya Anda bertanya pada ahlinya. Setelah beberapa komponen disiapkan, Anda bisa bekerja sama dengan mereka yang sudah mahir dalam merakit PC. Dengan merakit sendiri PC untuk gaming, Anda jauh lebih menghemat biaya dibandingkan harus membeli PC gaming dipasaran.

Sumber: http://blog.dimensidata.com/spesifikasi-dan-tips-merakit-komputer-pc-untuk-gaming/

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar