Bagus Satria Wira Kusuma
Wizard Level 21
18 Oktober 2015 - 22:46

Tips Proteksi Smartphone Galaxy Note 5 Kalian

Cara ini memang sedikit ribet tapi tidak ada salahnya pakai cara ini untuk full protect smartphone kalian dari tindakan pencurian dari front screen sampai ke aplikasi & sistemnya.

1. Pastikan hh kalian memakai PIN/Password
Jangan menggunakan mode swipe/signature/pattern karena mudah ditiru. (Password lebih secure daripada finger print)

2. Lindung app penting dengan aplikasi app lock/sejenisnya
App penting seperti gmail, yahoo, AVG antivirus PRO, google setting, android device manager, ebay, mobile bangking dll. Email sangat penting di proteksi, karena email menyimpan semua account kalian, termasuk samsung account (karena orang bisa membobol account melalui email). Recommend memakai app lock atau FingerSecurity



3. Instal aplikasi AVG antivirus PRO
Ada fitur anti theft, yaitu :
- Lock device: Lock phone if simcard replace. Begitu si pencuri mengganti simcard otomatis hh akan terlock.

Dan serial number SIM & nama operator yang baru akan dikirim otomatis ke email kalian. Jika ingin mengetahui no pencuri yang baru tinggal hubungi cs operatornya.

- Camera trap : Berfungsi foto otomatis wajah si pencuri dengan kamera depan jika 3x salah memasukkan password, meskipun hh dalam ke adaan lock. Foto tersebut otomatis akan di kirim ke email kalian.
- Find ur phone bisa melalui web/sms, dengan menggunakan device lain.

*AVG antivirus PRO ada fitur app lock juga tapi sayangnya tidak dapat menproteksi/lock dirinya sendiri, jadi disarankan instal app lock yang lain untuk proteksi AVG antivirus PRO.

 

4. Instal Andoid Device Manager di hh lain/2nd phone
Proteksi dari google buat lacak hh yang hilang. Daftarkan dulu hh yg akan di proteksi & masuk ke menu google setting-security-allow romate lock & eraser pada hh yang akan diproteksi.

*Syaratnya internet/location harus on pada hh yang akan diproteksi.

 

5. Pastikan kalian mempunyai samsung account
Samsung account ada fitur Reactivation Lock (semacam iCloud iPhone).
Daftar di samsung account, lalu masuk ke setting-general-security-checklist reaktivation lock. (Pastikan kalian mengingat pass samsung account).


Reactivation Lock berfungsi sebagai lock sistem di hh kalian. Meskipun setelah hh di factory reset/flashing tetap akan minta user & pass samsung account yang di pake hh tersebut. Dengan kata lain samsung account kalian tidak akan hilang setelah factory reset/flashing jika reaktivation lock nya aktif.

Manfaatkan juga fitur Find My Mobile dari samsung untuk tracking hh kalian melalui web (kondisi hh & internet harus hidup). Tapi sebelumnya daftarkan dulu hh kalian & login dengan samsung account.

 

6. Sync secara berkala samsung account, gmail, dropbox/drive dll
Tujuannya untuk backup document/photos/phonebook/calender/s note/scrapbook dll. Jadi ketika si pencuri eraser data hh, kalian masih punya data backup secara online.

 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar