DimensiData
Apprentice Level 3
16 Oktober 2015 - 16:20

Cara Ampuh Mencegah serta Menghindari Virus dan Malware pada Komputer/Laptop

Malware, adalah salah satu hal yang paling ditakuti bagi mereka yang sering bekerja menggunakan komputer, laptop, notebook dan gadget lainnya. Malware bukanlah nama orang namun nama ini sangat populer di dunia teknologi dan harus kita hindari. Malware adalah suatu program yang diciptakan untuk merusak sistem komputer tanpa pemberitahuan terlebih dulu pada pemiliknya. Program ini mengistal sendiri tanpa Anda ketahui dan program ini sangat dtakuti oleh pengguna internet dan pengguna kompute. Banyak diantara mereka yang telah mengalami kerugian karena malware. Program ini bisa mencuri data kemudian mengirimkannya kepada pusat malware.

Malware bisa menyebabkan komputer bekerja terlalu berat, hal ini menimbulkan komputer menjadi lebih cepat panas dan lambat saat digunakan. Saat Anda menggunakan koneksi internet, malware bisa menyebabkan bandwidth menjadi lebih banyak digunakan dan jumlah tagihan internet Anda menjadi lebih besar. Malware banyak jenisnya dan salah satu jenis malware yang paling ditakuti adalah keylogger karena bisa merekan aktivitas Anda pada keyboard saat bertransaksi online menggunakan kartu kredit. Ada cukup banyak jenis malware yang harus dicegah karena semuanya memang sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kerugian financial bagi Anda.

Beberapa jenis malware diantaranya adware, backdoors, Bot-Net, Virus boot, exploit, dialer, EICAR test file, Honetpot, Hoax, keylogger, trojan dan Grayware. Dalam dunia internet, malware adalah hal yang berbahaya karena antivirus yang kita pasang pun tidak mampu mendeteksinya. Jika malware masuk dalam komputer kita, malware bisa mencuri data yang penting pada perangkat komputer kita. Tapi, jangan khawatir karena Anda bisa mencegah malware agar tidak mengacak-acak data di komputer Anda.

Cara ampuh mencegah, menghindari, mengapus masuknya serangan Virus dan Malware pada Komputer

Mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh Malware ini, maka kita sebagai pengguna komputer dan Internet sudah selayaknya mengetahui cara untuk mencegah agar malware tidak menginfeksi komputer kita. Berikut beberapa tips umum yang bisa kita lakukan agar komputer terhindar dari serangan malware:

  1. Usahakan selalu melakukan update atau perbaruhan terhadap perangkat dan aplikasi anda, seperti Sistem Operasi, Aplikasi/ Software, Antivirus serta Browser yang merupakan jalur masuknya malware.
  2. Pasang antivirus dan internet security yang bagus di perangkat anda (komputer dan gadget lainnya), misalnya seperti Norton, Avast dan lain – lain.
  3. Hindari menggunakan atau mendownload aplikasi atau jenis program lainnya yang merupakan hasil crack (bajakan), crack, nulled, apalagi dari situs yang tidak jelas kredibilitasnya.
  4. Hindari membuka atau menelusuri situs atau halaman yang tidak jelas dan memiliki reputasi buruk seperti situs bajakan, keygen, dewasa dsb.
  5. Aktifkan Firewall Windows, kalau dirasa masih kurang bisa menggunakan ZoneAlarm Free Firewall
  6. Jangan asal mendownload file dari internet (layanan file sharing), pastikan dari situs yang terpercaya.
  7. Jangan membuka email sembarangan dari orang yang tidak kita kenal, apalagi dalam format .exe, .scr, .vbs.
  8. Dalam membuat password gunakan kombinasi huruf, angka dan karakter unik seperti $,#,@ dsb.
  9. Pasang Software anti malware, seperti misalnya IObit Malware Fighter, HijackThis, Ad-Aware dan McAfee Site Advisor
  10. Bersihkan temporary internet file, cookies, autocomplete form. Kita bisa menggunakan tools CCLeaner.

Sebelum data Anda diacak-acak dan dicuri malware, langkah terbaik adalah mencegahnya. Malware sangat berbahaya apalagi bila Anda sering bertransaksi online, jangan pernah ragu untuk memasang keamanan berkualitas pada laptop, komputer atau gadget Anda untuk menghindari malware.

Sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar