PomadeMan
Wizard Level 20
06 Oktober 2015 - 23:17

3 Tips Pakai Google Maps Agar Lebih Irit Baterai


Hai gaes! Masih suka pakai Google Maps untuk bepergian? tau ga sih, Google Maps merupakan salah satu aplikasi yang lumayan menguras baterai di smartphone kita. Tapi tenang ada tipsnya kok supaya Google Maps di smartphone kita tidak menguras baterai. Berikut 3 tips yang dikutip dari KompasTekno agar memakai Google Maps lebih irit di baterai smartphone kamu!

1. Nonaktifkan akses lokasi Google

Fitur lokasi yang terdapat pada Android itu terhubung pada semua layanan yang menyediakan informasi lokasi pengguna. Tau ga sih? fitur tersebut yaitu kemampuan yang tertanam saat mengaktifkan Maps. Jadi kalau dijalankan terus menerus, cukup cepat menguras baterai kita.

Solusi untuk menghematnya, ubah pengaturan nonaktif untuk lokasi. Aktifkan kembali ketika kita ingin mencari alamat dengan Maps dari tempat kamu.

Pada Google Maps, Settings -> pilih menu Location ->  Nonaktfikan fitur

2. Hapus Cache di Google Maps

Sebenarnya Cache yang terdapat di aplikasi cukup memudahkan kita loh. Dengan data yang tersimpan, kita dapat cepat memproses kembali data yang dibutuhkan ketika membuka Maps.

Tetapi tau gak sih? dibalik pemrosesan data yang cepat ternyata Cache juga menguras baterai smartphone kita karena walau aplikasi sedang tidak dibuka, ponsel akan tetap menjalankan Cache tersebut.

Settings -> Menu Apps -> App Manager -> Hapus Cache dan Data

3. Install versi Lawas Google Maps

Semakin update, maka Maps semakin pintar dan kaya fitur. Memang sih kita lebih dimudahkan jugam tetapi masalahnya hal tersebut membuat aplikasi menjadi semakin berat dan tentunya akan menyedot baterai pula. Tidak ada salahnya menggunakan Maps versi lama kan? Asalkan kebutuhan kamu hanya sebatas mencari alamat palsu saja ya~ :D

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar