Tresna Dwinanda
Novice Level 2
12 Oktober 2014 - 22:57

Cara Meng-Kompres File Image Di Android

Aplikasi android untuk compress file image.Apakah anda suka upload foto ke internet,baik itu jejaring sosial, blog atau sekedar berbagi kepada teman, mungkin pernah Anda merasakan saat prosses upload berjalan terasa lama.Ini di sebabkan selain jaringan internet bisa juga di sebabkan ukuran file image yang anda upload tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar untuk sebuah foto atau gambar.

Bagaimanakah agar prosses upload sebuah image berjalan dengan cepat tanpa harus menunggu lama? Caranya cukup mudah, kita harus mengompress ukuran file image tersebut.Maksudnya di sini bukan memotong gambarnya, tetapi ukuran filenya, misalnya ukuran filenya 500kb kita kecilkan dengan cara compress sehingga ukuran filenya menjadi 200kb.Bagaimana sudah paham kan?

Untuk prosses compress ini sebenarnya sudah banyak aplikasinya, baik untuk ponsel maupun pada Pc.Namun berhubung artikel ini khusus untuk android, Saya hanya share untuk android saja, mungkin lain kali akan saya share buat Pc atau ponsel lainnya.

Pada android aplikasi untuk compress file image ini telah banyak di buat.Untuk contoh saya hanya membawa dua aplikasi saja yaitu img-compress.apk dan photo compress.apk

Kedua aplikasi di atas mempunyai cara kerja yang sama.Dalam contoh ini saya memakai aplikasi img compress.apk.Berikut cara kerjanya.

1. Buka aplikasi img compress, lalu klik add an image kemudian cari file foto / gambar yang akan di compress.Contoh

imgcompress1

Perhatikan ukuran file gambar pada contoh di atas.

 

2. Setelah seperti contoh di atas, kemudian klik tanda setting di pojok atas dan akan tampil halaman seperti berikut.

imgcompress2

 

3. Pada halaman setting ini kita bisa mengatur nama dan tempat penyimpanan file hasil compressannya.Silahkan di atur sendiri, kemudian atur level pada tingkat compressnya, Lihat pada contoh di atas saya hanya memberi 35% untuk tingkat compressanya.

Setelah selesai tekan back dan klik image yang telah di siapkan tadi dan akan ada notifikasi yang muncul, lalu pilih compress dan tunggu prossesnya sebentar.Berikut contoh hasil compressnya untuk contoh gambar di atas.

imagecompress

Nah gan ayoo di coba ~

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Tompi Hariadi
    Apprentice Level 3
    Wih keren gan tipsnya, tapi untuk masalah kualitasnya gimana gan? Masih aman ga? Ga lucu kan kalo malah jadi pixel art -_-
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Iya bro, klo soal kualitas gimana? Bisa hamsyong kalo tadinya bagus pas dikompres jadi amburadul
  • An Rian Setianto
    Novice Level 2
    ada ga aplikasi yang nyedianin kualitas gambar yang udah direkomendasiin biar gambarnya ga jadi pecah pixelnya.. tapi sebelumnnya makasi ya infonya