PomadeMan
Wizard Level 20
10 September 2015 - 22:33

5 Kebiasaan Buruk Pengguna iOS yang Mesti Lo Hindari

Hai Gaes! Bagi pengguna iPhone mungkin mengganggap sepele 5 hal kebiasaan ini, berikut beberapa hal yang sering terjadi di kalangan pengguna Apple di Indonesia yang dikutip dari makemac.com, check this out!

1. Mematikan Fitur Penting, Hanya Demi Baterai

Location Services dan Cellular Data, Ya! Sepele tapi vital banget! Keduanya berperan penting dalam mengaktifkan mode mengunci perangkat lo via Find My iPhone. Usahakan jangan mematikan Cellular Data kecuali kalo lo tidak mendapatkan sinyal sama sekali seperti sedang naik gunung atau ke pantai misalnya.

Solusinya jika baterai lemah adalah mematikan animasi seperti di Homescreen (Setting > General Accessibility > Reduce Motion) atau hal lainnya yang tidak penting-penting banget buat lo.


2. Banyaknya Notifikasi yang Sebenarnya Ga Lo Butuhkan

Kasus yang seperti ini banyak terjadi dikalangan pengguna iOS khususnya pada pengguna iPhone. Notifikasi dari berbagai sosial media dan aplikasi messenger yang selalu berdenting yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan menurut gw. 

Solusinya tinggal mematikan notifikasi yang tidak diperlukannya aja kok, simpel kan? caranya lo bisa masuk ke Setting > Notifications dan matikan yang tidak kamu butuhkan. Pengaturan urutan notifikasi, jenis notifikasi juga bisa diatur di halaman yang sama.

3. Sembarangan Memakai Aksesoris

Semua produk Apple seperti iPhone, iPad atau iPod Touch diciptakan dengan penuh ketelitian serta detail yang pastinya salah satu faktor yang membuat kita jatuh cinta. Tapi sayangnya terkadang itu "dirusak" dengan beberapa hal.


Sebut saja tampilan home screen yang tidak rapi -ikon berantakan dan tidak tertata yang membuat kita terkadang menyulitkan kita sendiri. Tidak hanya itu aksesoris lainnya seperti case KW atau palsu ketika ingin dilepas malah meninggalkan goresan. Analoginya kaya lo punya mobil Lexus tapi bensinnya pake premium, nah loh


4. Menganggap Remeh Keamanan

Di setiap keamanan, secanggih apapun itu pasti ada celahnya. Canggih aja ada celahnya apalagi kalo ga pake keamanan apa-apa? ckck. Sistem operasi di perangkat iPhone atau iPad sebetulnya sudah sangat aman kok. Tinggal kembali ke diri kita masing-masing, apakah kita bisa ngemanfaatin itu dengan baik?

Dari yang sederhana aja dulu seperi Passcode Lock yang dapat lo atur dari Settings > Touch ID & Passcode atau Settings > Passcode
Masih butuh keamanan lebih? Silahkan aktifkan mode Restriction yang ada di Settings > General > Restriction. Sesuai dengan namanya, Restriction berguna untuk membatasi akses beberapa fitur penting yang ada di iOS. Seperti melarang logout dari akun App Store, menggunakan AirDrop, menghapus aplikasi atau belanja in-app purchase.

Dan yang terakhir lengkapi keamanan perangkat Apple lo dengan Find My iPhone atau Two-Step Verification Apple ID


5. Jarang Backup ke iTunes atau iCloud

Perangkat iOS - iPhone, iPad atau iPod Touch disuguhkan fitur backup ke aplikasi iTunes. Fungsinya? agar lo dapat melakukan update iOS, membuat cadangan dari pengaturan, backup foto, musik atau hal lainnya. Sepele tetapi cukup untuk mencegah hal-hal yang ga dinginkan seperti iPhone bermasalah maupun kehilangan semua data foto keluarga, atau hal semacamnya.

Kasus ini biasanya dialami oleh pengguna iOS baru. Beli iPhone atau iPad, login dengan akun Apple ID dan langsung mengunduh aplikasi serta membeli lagu. Sayang banget kan punya iCloud 5GB gratis tapi ga digunain secara maksimal? 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25

    GPS jangn dimatiiin, penting banget soalnya

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    GPS jangn dimatiiin, penting banget soalnya

    Adam Rinaldi Saputra

    betul sekali gan