Tompi Hariadi
Apprentice Level 3
01 Oktober 2014 - 12:12

Tips Menghemat Penggunaan / Memperpanjang Umur Baterai dan Cara Kaliberasi Baterai iDevice

A. Tips Menghemat Penggunaan / Memperpanjang Umur Baterai

 

Jika Anda merasa baterai iDevice Anda terlalu cepat terkuras saat digunakan, beberapa tips di bawah ini mungkin dapat menambah waktu guna daya iDevice Anda.

 

1. Atur kecerahan layar pada batas wajar. Untuk mengatur kecerahan dapat dilakukan dengan cara masuk ke Settings » Brightness & Wallpaper, atur kecerahan / brightness dalam menu tsb.

 

2. Matikan fitur yang belum Anda butuhkan saat ini.Fitur-fitur seperti Bluetooth, Wifi, dan koneksi 3G atau 4G memerlukan asupan daya yang lumayan besar.• Untuk mematikan fitur bluetooth masuk ke Settings » Bluetooth » Off• Untuk mematikan fitur wifi masuk ke Settings » Wifi » Off• Untuk mematikan fitur 3G/4G masuk ke Settings » Celullar » Celullar Data » Off

 

3. Matikan fitur push mail jika tidak terlalu diperlukan.Masuk ke Settings » Mail, Contacts, Calendars » Fetch New Data » Push » Off

 

4. Gunakan fitur Fetch data secara manual, bukan secara berkala (Frequently), kecuali memang sangat diperlukan.Untuk mengatur fitur ini masuk ke Settings » Mail, Contacts, Calendars » Fetch New » Manually

 

5. Batasi aplikasi yang mengakses fitur lokasi dari iDevice, atau matikan fitur lokasi, gunakan sesuai kebutuhan saja.Untuk mengakses fitur lokasi masuk ke Settings » Privacy » Location Services dan lakukan penon-aktifan fitur layanan lokasi. Bisa dilakukan per aplikasi atau secara keseluruhan.

 

6. Posisikan iDevices terkunci (lock) saat tak digunakan.Dengan menekan tombol sleep/wake akan memposisikan iDevices pada posisi lock. Mengatur auto-lock pada rentang waktu yang singkat dapat menghemat daya. Caranya mauk ke Settings » General » Auto-Lock, lalu tentukan interval waktu yang tidak terlalu lama.

 

7. Manfaatkan fitur airplane mode pada daerah yang miskin signal atau pada kondisi dimana anda tidak ingin terganggu dengan panggilan telepon atau sms.Untuk menggunakan fitur ini masuk ke Settings » Airplane Mode » On Lambang signal akan berubah menjadi gambar pesawat terbang pada Bar iDevice.

 

8. Memutar film, bermain game dan browsing internet adalah aktifitas yang menguras daya.Membatasi penggunaanya akan dapat menghemat daya anda lebih lama.

 

9. Sangat disarankan untuk melakukan cycle charge dengan cara charge penuh daya sampai 100% lalu gunakan sampai habis yaitu sampai iDevice anda dalam posisi mati atau 0%. Lalu charge lagi hingga penuh, dan gunakan seperti biasa. Lakukan hal ini minimal sebulan sekali untuk memperpanjang umur Battery anda.

 

10. Lakukan update iOS jika ada update terbaru.Biasanya update iOS selain memperbaiki bugs dari iOS sebelumnya juga memperbaiki kinerja. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi penggunaan daya.

 

11. Gunakan wallpaper statis.Penggunaan wallpaper dinamis dapat memengaruhi kinerja daya secara keseluruhan. Untuk mengakses caranya masuk ke Settings » Wallpapers & Brightness » Choose Wallpaper » Stills » Wallpaper. Atau pilih salah satu foto anda sebagai wallpaper.

 

12. Matikan Fitur paralax.Fitur baru iOS 7 ini mau tidak mau mempengaruhi penggunaan daya pada iDevice. Untuk melakukannya masuk ke Settings » General » Accessibility » Reduce Motion » On

 

13. Matikan fitur automatic download.iOS 7 dengan cerdasnya akan melakukan download atas software baru atau update software baru yang tersedia pada App Store jika fitur ini diaktifkan. Dan tentu saja fitur ini membutuhkan daya yang lumayan. Untuk menonaktifkannya masuk ke Settings » iTunes & AppStore » Automatic Download » Off Matikan juga fitur Use Cellular data yang ada di bawahnya untuk membatasi pengunaan cellular data. Dengan demikian, menon-aktifkan fitur ini bukan hanya menghemat daya, tapi juga menghemat kuota bandwith Anda.

 

14. Batasi aplikasi yang menggunakan notification center.Dengan semakin banyaknya apikasi yang menggunakan notification center, maka semakin banyak aplikasi yang diam-diam mengirim dan menerima data untuk menginformasikannya kembali melalui notifikasi di iDevice. Untuk melakukan hal ini caranya masuk ke Settings » Notification Center » Edit, drag ke bawah aplikasi yang tidak diinginkan memberikan notifikasi.

 

15. Kurangi aplikasi yang jalan di background.Alih-alih multitasking, aplikasi yang berjalan di background sedikit banyak memerlukan daya untuk tetap berada di Background iOS. Gunakan multitask hanya jika diperlukan. Untuk mematikan aplikasi yang berjalan di background caranya klik homebutton 2 kali, akan muncul task switcher yang memerlihatkan jejeran aplikasi yang sedang berjalan di bacground. Swipe ke atas aplikasi yang tidak diinginkan.

 

16. Matikan AirDrop.Caranya slide dari bawah ke atas pada layar iDevice Anda, pilih AirDrop dan Turn Off

 

B. Cara Kaliberasi Baterai

 

1. Gunakan iDevice sampai baterai drain / habis dan mati dengan sendirinya   

2. Diamkan dulu selama sekitar 10-15 menit   

3. Charger kembali iDevice sampai 100% (sangat disarankan untuk tidak mengutak-atik iPhone,lebih bagus jika

    di-set ke airplane mode) notes: lebih bagus jika menggunakan bantuan dari aplikasi Battery Doctor,bisa

    download di AppStore secara gratis

4. Setelah penuh 100% diamkan device beberapa saat (jika menggunakan Battery Doctor tunggu sampai alarmnya berbunyi) lalu lakukan hard reboot dengan cara tekan+tahan Powerbutton dan Homebutton secata bersamaan sampai muncul logo boot Apple   

5.Koneksikan iPhone ke iTunes untuk Sync dan transfer purchase serta back up ... Done

6. Note : Lakukanlah Kaliberasi Baterai  Minimal Satu ( 1 ) kali dalam sebulan

 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Lumayan nih infonya kalo ntar udah punya iPhone ^^
  • Tresna Dwinanda
    Novice Level 2
    iponnyan ajaa belom punya gan haha
  • Tompi Hariadi
    Apprentice Level 3
    Tes di hape agan yg sekarang aja dulu kalo cocok bisa dilanjutin gan :v