Muhammad Eros Julian
Professor Level 13
28 Agustus 2015 - 11:02

Tips Professional Memotret di Malam Hari dengan Smartphone

Di luar sana sudah banyak sekali smartphone yang memiliki Kamera sekelas dengan DSLR atau bahkan melebihinya. Namun, ternyata masih banyak yang bingung kenapa ketika kita memotret di malam hari dengan menggunakan Smartphone, hasilnya tidak sebagus ketika menggunakan Kamera Digital atau bahkan DSLR.

Usut punya usut, ternyata memang penggunaan Kamera Smartphone harus sedikit lebih spesial. Karena memang ada trik tersendiri agar bisa mendapatkan hasil foto yang tajam di malam hari hanya dengan bermodalkan smartphone.

Apa saja kiat-kiat agar memotret di malam hari dengan smartphone menjadi lebih baik? Simak tips berikut:

Jangan Bernafas Ketika Menekan Tombol Shutter

Ini adalah kunci utama dalam pemotretan menggunakan smartphone. Pasalnya, banyak smartphone yang belum memiliki sensor yang bagus, sehingga ketika kalian menekan tombol shutter dan masih ada gerakan, gambar akan menjadi blur. Gambar hanya ilustrasi aja, tahan napasnya ngga harus gitu juga hahaha

 

Gunakan Fitur Night Mode Jika Memungkinkan

Jika di dalam foto tersebut tidak banyak gerakan yang berarti, Kalian bisa memanfaatkan fitur Night Mode. Karena dengan fitur ini, hasil foto akan menjadi lebih baik karena telah terjadi beberapa filterisasi yang mencocokan dengan waktu pada malam hari.

Hanya saja, kekurangan fitur ini adalah objek yang difoto tidak boleh banyak bergerak, karena akan membuat blur pada foto.

 

Jangan Menggunakan Flash Untuk Target Objek yang Jauh

Ini salah satu trik yang cukup penting, jangan pernah menggunakan Flash untuk memotret objek yang jaraknya cukup jauh. Karena itu hanya akan menimbulkan bercak-bercak foto tidak jelas.

Nah, Jika objeknya dekat seperti foto di atas, tentu Flash akan sangat membantu dalam memotret di malam hari.

 

Kalau Bisa, Gunakan Tripod

Sebenarnya Tripod hanya alat bantu saja, agar posisi smartphone tidak bergeser karena tarikan nafas atau-pun gangguan lainnya. Seperti kalian ketahui, memotret di malam hari adalah hal yang rumit.

Bagi smartphone yang sudah memiliki Sensor Exmor milir Sony Xperia, tentu memotret di malam hari bukanlah hal yang rumit. Namun bagaimana buat yang smartphone-nya masih kelas menengah ke bawah? Tentu akan sulit mendapatkan gambar yang bagus.

Nah sekian dulu deh tipsnya, semoga bermanfaat.

 

Sumber : https://jalantikus.com/tips/tips-memotret-di-malam-hari-dengan-smartphone/

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar