Reza
Senior Level 8
15 September 2014 - 14:43

Fitur Android Yang Sering Dilupakan

Berikut merupakan fitur Android yang cukup bermanfaat, tapi jarang diketahui oleh pengguna :

 

 Mengambil Screenshot

 

Screenshoot adalah cara menangkap gambar yang sedang aktif pada layar (atau di PC dikenal dengan nama Print Screen). Hasilnya akan berupa file gambar JPG dan disimpan didalam Gallery Android.

Untuk mengambil screenshoot bisa dilakukan dengan cara tekan tombol Power & Volume Up secara bersamaan.

Melakukan Kontak Telepon dari Homescreen

Untuk pengguna Android sebelum veri ICS, kita dapat meletakkan shortcut contact yang sering dihubungi pada homescreen. Caranya cukup tekan, lalu tahan jari pada homescreen hingga muncul pilihan shortcut masuk ke contact dan pilih direct dial.

Sementara bagi pengguna Android ICS, cukup masuk ke halaman menu, masuk ke widget serta memilih contact. Setelah memilih kontaknya, maka pada homescreen akan muncul shortcut yang dapat Anda pakai untuk melakukan panggilan langsung ke kontak yang dipilah tanpa harus repot-repot mencari nama yang ingin dihubungi lebih dulu.

Mengelola Widget & Shortcut Aplikasi

Jika kita suka mencoba-coba aplikasi baru, maka satu waktu akan mendapati homescreen menjadi sesak dipenuhi widget atau shortcut aplikasi yang terinstal. Kita dapat mengatasi ini dengan mematikan fitur auto-add widget untuk setiap aplikasi yang baru selesai di instalasi. Untuk melakukan itu silahkan masuk ke Google Play Store, lalu tekan menu untuk masuk ke setting. Setelah itu, jangan lupa untuk menghilangkan tanda centang kotak di sebelah tulisan auto-add widget.

Wi-Fi Sleep Policy

Wi-Fi sleep policy adalah konfigurasi untuk mengatur koneksi Wi-Fi saat ponsel dalam posisi 'tidur' (atau standby tidak digunakan). Kita dapat membiarkan koneksi Wi-Fi supaya tetap menyala saat ponsel 'tidur' atau mematikannya. Untuk melakukannya, silahkan masuk Wi-Fi >> Menu & memilih Advance. Selanjutnya masuk ke 'keep Wi-Fi on during sleep' untuk kemudian Anda atur ke posisi 'always', 'only when plugged in' dan never. Keberadaan Wi-Fi sleep policy ini sebenarnya untuk menghemat pemakaian data yang berimbas pada konsumsi daya.

Akses Kontak Android di PC

Seluruh kontak yang disimpan pada ponsel Android ternyata telah diback-up secara otomatis oleh Google. Dengan back-up otomatis tersebut, kita bisa menarik kembali kontak ketika Smartphone sedang rusak atau bahkan hilang. Jika memiliki Smartphone Android baru maka cukup login melalui akun Google yang sama untuk mendapatkan data kontak yang pernah disimpan sebelumnya.

Namun, bagaimana jika Smartphone sedang diperbaiki lalu kita ingin menelepon dengan ponsel non-Android? Kita tinggal melihat data kontak yang disimpan dalam akun dengan mengunjungi alamat : http://www.google.com/contacts,  via browser komputer.

Matikan Ringtone Panggilan Masuk

Saat mendapatkan pangilan masuk lalu kita ingin mematikan bunyi ringtonenya tanpa menolak panggilan tersebut, maka dapat menekan tombol pengatur volume. Sederhana kan ?

Melihat Situs dalam tampilan PC Desktop

Banyak web memiliki versi mobile yang menampilkan halaman web yang lebih ramah untuk pengguna Smartphone. Tampilan versi mobile umumnya memangkas beberapa fitur untuk menghemat pemakaian data. Ada kalanya pemangkasan fitur tertentu akan mengurangi kenyamanan dalam menjelajah halaman web, misalnya hilangnya icon & taskbar.

Android sendiri telah menyediakan setting untuk menyajikan halaman dalam versi PC Desktop. Pengguna Android ICS dapat menekan menu browser, lalu mencentang kontak request desktop site. Sementara, bila pengguna Gingerbread dapat masuk ke setting >> Advanced, lalu pilih user agent desktop.

Berpindah Aplikasi lain

Saat membuka aplikasi kita dapat meminimize-kannya denga menekan tombol Home. Saat membuka beberapa aplikasi bersamaan, kita dapat berpindah-pindah ke aplikasi yang sedang berjalan dengan mudah. Untuk pengguna Android ICS, menekan tombol Recent Apps adalah cara yang sudah umum untuk digunakan. Untuk pengguna Android versi dibawahnya, cukup menahan tombol home beberapa saat hingga muncul 'recent apps'.

Mambuat Signature Email

Seperti Blackberry, setiap mengirim email kita dapat membuat signature yang menunjukkan perangkat email tersebut dikirimkan. Misalnya kita dapat membuat signature seperti “Sent from Advance Tab T3 – Android ICS”. Cara membuatnya :

§  Buka aplikasi Mail >> Menu >> Setting.

 

§  Pilih Akun email yang akan dibuat signature.

 

§  Cari menu signature, lalu tuliskan signature yang ingin dibuat.

 

Source : Dari berbagai sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Risky Wijaya Praba Saputra
    Professor Level 14
    nambahin gan.... screenshot buat perangkat android LG shorcut nya volume down + tombol power