Reza
Senior Level 8
15 September 2014 - 14:27

Tips Foto Dengan Kamera Smartphone

Foto dengan kamera mungil yang ada di smartphone memang tidak akan bisa menyaingi kualitas (piksel per piksel) foto yang keluar dari kamera serius dengan lensa yang mahal. Kita juga tidak berharap sampai secanggih itu. Namun ada baiknya juga foto-foto yang dihasilkan dari smartphone anda juga tidak terlalu asal-asalan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar foto dari smartphone anda lebih oke lagi.

Ketahui beda antara snapshot dan fotografi

Mayoritas foto dari handphone/smartphone yang kita lihat di facebook atau instagram memang asal-asalan. Itu karena memang foto-foto tersebut bukan hasil fotografi namun sekedar memotret secara asal. Namun kalau anda sudah repot-repot mengunjungi situs ini, tentu anda paham satu dua hal tentang fotografi.

Nah, kalau anda ingin menghasilkan foto smartphone yang bisa dibanggakan, perlakukan smartphone anda sebagai sebuah kamera yang serius dan kapabel (meski tetap menyadari keterbatasannya). Dan setiap kali memotret dengannya, terapkan semua pengetahuan fotografi diketahui. Berpikirlah dengan konsep yang matang untuk menghasilkan foto yang juga terkesan matang.

Komposisi

Fotografer pro selalu bilang, yang membedakan foto dahsyat dan foto biasa adalah komposisinya. Untungnya untuk menyusun komposisi foto yang keren tidak ada syarat harus menggunakan kamera DSLR. Pelajari lagi lalu terapkan semua teori komposisi fotografi yang ada saat memotret dengan smartphone anda.

Filter, filter, filter

Ada beberapa orang yang mengharamkan pemakaian filter di Instagram (dan sejenisnya), namun saya rasa tidak masalah. Apalagi kita tidak sedang memotret untuk keperluan jurnalistik. Semua kembali soal selera, dan filter bisa saja kita anggap bumbu penyedap yang bisa menambah daya tarik foto asal pas porsinya dan tidak berlebihan.

Cobalah pahami opsi filter yang ada di smartphone anda. Kalau anda penggila instagram misalnya, pahami bagaimana masing-masing filter mengubah sebuah foto. Saat ingin memotret obyek yang menarik, pikirkanlah filter apa yang cocok dengan foto seperti ini.

Cobalah angle yang ekstrim

Apa yang membuat smartphone lebih hebat dibanding kamera DSLR yang berat? ukurannya yang mungil, bobot enteng dan gampang dibawa kemana-mana. Manfaatkan kelebihan ini, kita bisa memotret dari atas tanah tanpa harus tiarap. Bisa memotret dari sudut yang sempit tanpa kesulitan menyusun komposisi.

Manfaatkan app fotografi yang ada

Kamera bawaan yang ada di smartphone memang sudah oke, namun aplikasi pihak ketiga yang ada biasanya memiliki fitur yang lebih baik. Ada yang menawarkan kontrol exposure yang lebih kaya, ada yang menawarkan filter yang lebih oke dan fitur lainnya. Manfaatkan beragamnya aplikasi fotografi yang ada di masing-masing platform untuk memperkaya senjata anda.

 

*semua foto diatas dihasilkan dari kamera smartphone

Source : belfot.com

 

 

 

 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • ariawan
    Senior Level 11
    wah gak nyangka itu foto nya pake smartphone semua. nice tips gan!