PomadeMan
Wizard Level 20
19 Juni 2015 - 16:06

5 Tips Foto Smartphone Lo Agar Lebih Baik!

 

Hai gaes! mengambil foto dengan smartphone sekarang udah jadi kebiasaan untuk mengambil momen-momen dikehidupan kita. Walaupun mengambil foto biasanya menggunakan kamera pocket atau kamera DSLR tapi mengambil foto dengan smartphone rasanya lebih nyaman ketimbang dengan kamera yang sebenarnya. Langsung aja yuk nih 5 tips untuk mengambil foto lebih baik dengan smartphone lo!

 

1. Dekatkan Objeknya

 

 

Banyak ponsel kamera, terutama iPhone, benar-benar mulai terlihat keindahannya ketika agan mengambil foto lebih dekat dengan objek yang agan pengen ambil. Sensor kecil menyediakan imajinasi depth of field atau biasa disebut tingkat ketajaman suatu foto sehingga agan bisa mendapatkan seluruh objek dengan fokus. Lebih dekat lebih baik kan?

 

 

2. Pilih Crop, Jangan Zoom!

 

Banyak kamera smartphone yang menawarkan fungsi digital zoom, tetapi agan pasti lebih memilih dengan liveview, agan akan dapat merasakan kualitas gambar agan yang makin turun ketika agan mulai untuk "zoom".

Baca jugaGame yg menarik buat nunggu buka puasa~~

 

 

Kemudian agan akan berkata "ah pemandangannya jadi kurang bagus nih kalo di zoom" Dan apa yang terjadi? yup betul sekali! Hasil foto pun menjadi kurang menarik.

 

 

3. Jangan Gunakan Blur Palsu

 

Depth of field memang menjadi tantangan kalo agan mau mengambil foto dengan smartphone agan.  Untuk membuat objek agar terlihat tajam dan fokus, kebanyakan orang menambah efek blur menggunakan aplikasi tambahan. Hasilnya? Ga natural ah!

Baca juga: Hanya Dengan 2 Langkah Ini, Lo Bisa Dapetin Lenovo A7000 Gratis Gan!

 

 

Jika agan ingin memperlihatkan atau fokus pada satu hal tertentu, buat objek pusat dalam bingkai. Cobalah untuk menjaga background Anda sesederhana mungkin, agar objek yang akan dibuat DOF menjadi lebih fokus dan tajam. Layak dicoba kan?

 

 

4. Pilih Aplikasi Kamera yang Baik

 

Hal ini sepertinya lebih berlaku untuk pengguna iPhone daripada pengguna Android. Tidak seperti kamera bawaan, beberapa aplikasi pilihan standar dalam kategori ini seperti Camera360 yang membuat foto wajah kita menjadi cerah bersinar. Tetapi dalam hal mengambil foto ane lebih suka menggunakan Camera Awesome (dari SmugMug) karena hal ini memungkinkan agan untuk mengambil foto dalam mode burst. Selain gratis, aplikasi yang sama seperti Camera+ memiliki shoot kontrol yang banyak.

 

 

Intinya, apa pun aplikasi yang agan pilih, pilih aplikasi yang sudah agan pernah latih dan kuasai. Betul betul betul?

 Baca juga5 Game Android Multiplayer Terbaik, Via Bluetooth ataupun WIFI

5. Jangan Lupa Aturan Fotografi

 

Ini adalah saran yang paling penting dari semua. Aturan untuk mengambil gambar yang bagus adalah tidak berubah ketika agan beralih ke kamera yang sebenarnya. Menggunakan kamera Smartphone, bukan berarti agan harus mengabaikan tentang komposisi yang seimbang serta pengaturan pencahayaan. Ya! semua dibutuhkan!

 

 

Akhir kata, tips yang dijelaskan disini adalah agar memaksimalkan hasil foto yang di ambil dan meminimalisir kelemahan dari kamera smartphone kita. Tentunya faktor skill, pandangan, dan pengetahuan juga menjadi faktor akan hasil foto dari smartphone agan ya.

 

(sumber: popphoto)

 

Semoga bermanfaat!

 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • ariawan
    Senior Level 11
    Nice tips gan! Thanks for sharing...
  • Bima Satria
    Master Level 25
    mantap banget tipsnya gan, Sung!
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    lengkap tipsnya, nice info gan
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    nice info gan