evanyzd
Wizard Level 21
04 Juni 2015 - 10:44

Merawat Harddisk Eksternal

Hai kawans! Pagi ini gw mau bagi tips nih bagaimana cara merawat harddisk eksternal kita. Bagi gw harddisk eksternal amatlah penting. Back up data sampai nyimpen file-file rahasia gw lakukan dengan harddisk eksternal gw. Dan sampai sekarang gw punya 2 harddisk eksternal. Lalu apa sih yang mau gw share disini?

 

 

  • JANGAN GUNAKAN HARDDISK EKSTERNAL SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN UTAMA

Seperti yang kita ketahui kalau dalam prosesnya sebuah harddisk akan memutar piringan yang ada didalamnya dengan kecepatan yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja menimbulkan panas. Jika sirkulasi udara dalam pelepasan panasnya kurang baik maka hal ini dapat berimbas pada umur penggunaan harddisk eksternal itu sendiri. Dalam keadaan terburuk, bisa saja mengganggu file-file yang ada di dalamnya dan bad sector. Saran gw jika ingin memainkan atau menggunakan file dari harddisk eksternal dalam waktu lama, sebaiknya copy-paste dulu file tersebut pada PC atau laptop kalian. Jika telah selesai barulah kalian copy-paste kembali ke dalam harddisk eksternal kalian.

 

  • GUNAKAN KABEL USB SESUAI STANDAR

Pada umumnya jika kita membeli harddisk eksternal baru maka disertakan pula kabel USB standar dari mereka. Akan tetapi karena pemakaian atau kesalahan pada pengguna, maka umur penggunaan kabel USB itu bisa berkurang drastis (sebut saja bunga, eh maap maksudnya rusak). Lagi-lagi hal ini berimbas pada harddisk eksternal kalian. Gunakan atau beli kabel USB sesuai standar dan jangan asal pakai. Salah satu opsi, kalian bisa menggunakan kabel Y (kabel USB dengan dua colokan pada salah satu bagiannya). Memang terlihat merepotkan jika menggunakan kabel Y. Akan tetapi hal ini untuk menghindari kurangnya pasokan daya listrik dari USB yang kita gunakan. Bukankah kita tidak mengetahui kualitas dari USB slot tersebut, apakah masih mengalirkan daya listrik yang sesuai atau tidak.

 

  • HINDARI GETARAN DAN BENTURAN KERAS, APALAGI JATUH

Hampir semua harddisk eksternal belum dilengkapi dengan pengamanan sehingga rentan mengalami kerusakan jika terkena benturan keras seperti jatuh ke lantai. Benturan keras yang terjadi pada harddisk dapat merusak berbagai komponen mekanik di dalamnya. Jadi sebisa mungkin hindari harddisk kamu dari benturan keras, seperti terjatuh dan berbenturan dengan benda solid lainnya. Selain benturan, getaran yang berlebihan, seperti menaruh harddisk di atas speaker yang aktif juga dapat merusak komponen hard disk sehingga mengganggu kinerjanya.

 

  • JAUHKAN DARI BENDA YANG BERMAGNET

Konsep kerja yang digunakan harddisk adalah magnetasi. Nah jika ada benda lain yang bersifat magnet berada di dekatnya apa yang akan terjadi ?? Dan ingat juga, hampir semua komponen yang digunakan oleh harddisk bersifat paramagnetik. Well, dampak ini berakibat ganda yaitu pada file yang berada di dalamnya dan komponennya. Salah satu dampak terburuknya adalah saat platter tidak berkerja dengan baik.

 

  • GUNAKAN SELALU FASILITAS "SAFE REMOVE HARDWARE"

Saat kalian telah selesai menggunakan harddisk eksternal. Kalian jangan asal mencabut kabel USB-nya begitu saja. Ingat !! jika terjadi pemutusan daya secara tiba-tiba bisa menyebabkan bad sector. Selain itu juga saat kalian mentransfer file, ada banyak file yang belum tertulis benar pada harddisk tersebut. Lalu dimana dengan "sisa"nya, mereka semua masih tertinggal di cache memory. Jika kita asal cabut saja dampaknya adalah master boot record bisa rusak. Nah kalau sudah seperti ini, mau tidak mau harus kalian format ulang deh. Kasihan dengan file-file kalian yang tersimpan di sana kan ?! Kalau kita menggunakan fasilitas "safe remove hardware" maka cache memory akan di hapus dan file kalian aman selain itu juga, pemutusan dayanya tidak bersifat tiba-tiba dan semuanya aman hehe.

 

 

Sekian deh tips dari gw. Semoga bermanfaat untuk kalian semua yah!

 
Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25
    mantap gan tipsnya sangat bermanfaat :D
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    mahal gan HDD eksternal jadi belum bisa ngerawat hahaha
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    makasih tipsnya gan
  • Bima Satria
    Master Level 25
    mahal gan HDD eksternal jadi belum bisa ngerawat hahaha
    minta beliin atas ane gan
  • evanyzd
    Wizard Level 21
    udah murah kok Gan. 1TB aja paling 700rb-an sekarang