Bagus Satria Wira Kusuma
Wizard Level 21
10 Agustus 2015 - 16:29

Ini Cara Hemat Kuota Di Windows 10 Guys!

Windows 10 adalah Windows terbaru dari microsoft untuk perangkat laptop,desktop maupun smartphone. Mau tau kenapa Windows 10 sangat boros kuota?

  1. Sekarang ini adalah era cloud dan sinkronisasi gan dan Win 10 banyak mengadopsi teknologi ini ke berbagai fiturnya.
  2. Cortona dan beberapa fitur lainnya sangat bergantung pada internet untuk pengoperasiannya.
  3. Automatic Update Windows 10 tidak bisa dimatikan!
  4. Proses update Windows menggunakan cara Peer-to-peer seperti torrent

Untuk yang kuotanya minim kaya gw pasti ngeselin banget kan kalo apa-apa butuh internet yang tidak sedikit. Gw mau bergai cara cara agar tidak boros seperti yang gw kutip dari foru winpoin.

 

1. Matikan Peer-to-Peer Update!

ntuk mematikannya ketikkan saja Windows Update di Search Box Cortana > pilih Advanced Windows Update Options > Choose how updates are delivered > matikan Updates from more than one place.

 

2. Aktifkan Fitur Metered Connection

Bagi lo pengguna Wi-Fi dan Mobile Broadband Networks, lo bisa menjadikan koneksi lo sebagai metered connection, dengan begitu Windows tidak akan banyak menghabiskan kuota internet secara background.

Dengan metered connection aktif Windows 10 akan menghemat kuota internet lo secara otomatis dengan menjaga agar penggunaan data bisa dilakukan seminimal mungkin. Windows 10 hanya akan mendownload update yang prioritas saja, update otomatis dari Store juga akan di pause, start screen tiles bakal tidak terupdate juga, bahkan file offline bakal tidak tersinkronisasi.

Intinya apapun bakal dilakukan Windows untuk menghemat kuota internet lo. Dan nanti ketika lo sudah terhubung ke koneksi kaya kuota, lo bisa langsung mematikan fitur ini untuk langsung melakukan berbagai macam update. Untuk mengaktifkan Metered Connection, cukup buka saja Network Settings.

Setelah itu pilih Wi-Fi atau Mobile Broadband Networks, lalu aktifkan Metered Connection.

 

3. Matikan Cloud Based Protection & Sample Submission

Ini memang tidak kita rekomendasikan untuk dilakukan, tetapi jika memang kuota internet lo benar-benar minim, maka lo bisa melakukannya.

Cloud Based Protection membuat Windows bisa mengirimkan info tentang masalah security di Windows 10 yang lo alami, sehingga mereka tahu dan cepat mengatasinya. Sedangkan Sampe submission membuat Windows 10 otomatis mengirim sample malware ke Microsoft. Keduanya memakai koneksi internet juga, meskipun tidak begitu signifikan.

Untuk mematikannya, cukup buka Windows Defender Settings

Lalu matikan Cloud-based Protection dan Sample Submission.

 

4, Matikan Sinkronisasi OneDrive

Jika lo jarang menggunakan OneDrive, atau tidak membutuhkan cloud storage untuk backup file penting, maka lo bisa mematikan sinkronisasi OneDrive.

Dengan cara ini maka OneDrive dan PC kamu tidak lagi terhubung, tetapi ingat..hal ini akan membuat settings, apps, dan berbagai sinkronisasi lainnya di Windows 10 kamu yang menjadikan OneDrive sebagai bridge nya berhenti total.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar