DimensiData
Apprentice Level 3
13 April 2016 - 11:15

Jenis Processor serta GPU Terbaik dan HP dengan GPU Terbaik 2016

Banyak produsen smartphone menonjolkan prosesor pada smartphone yang telah dirilisnya, agar smartphone keluaranya banyak diminati oleh para pecinta gadget utamanya smartphone. Untuk itu mari kita lihat jenis-jenis prosesor yang digunakan pada sebuah smartphone, dikhususkan untuk yang bersistem operasi Android.

  1. Qualcomm Snapdragon

    Qualcomm Snapdragon telah dikenal sebagai pabrikan yang sudah berpengalaman dalam merilis chipset dengan prosesor berkualitas dan kemampuan yang mumpuni. Chipset dari Qualcomm terlihat lebih berkelas. Terbukti sekarang ini chipset tersebut banyak digunakan oleh produk – produk tablet dan smartphone berkelas.

  2. Mediatek

    Mediatek merupakan produsen yang fokus pada produksi chipset dengan jumlah loading lebih banyak dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Awalnya, Mediatek dianggap tidak mampu menyaingi Qualcomm sehingga sering dianggap kurang bagus. Namun dalam perkembangannya, Mediatek sudah dapat mendekati kemampuan chipset Qualcomm. Saat ini jenis terbaru dari prosesor Media Tek MT6735. SoC (System-on-Chip) memiliki kemampuan hingga 64-bit t. SoC tersebut telah didukung prosesor quad-core serta GPU dari ARM, didukung oleh chip modem 4G LTE.

  3. Intel

    Prosesor Intel Atom menawarkan kinerja yang mumpuni. Salah satu keunggulannya adalah teknologi thread yang membuat cpu dual core seolah memiliki empat inti. Smartphone dengan prosesor intel meliputi Lenovo K900 dan Asus Zenfone dan yana lainnya.

  4. OMAP

    Jenis prosesor OMAP merupakan hasil produksi dari Texas Instrument, jenis prosesor ini sering digunakan oleh smartphone yang memiliki kinerja handal seperti samsung galaxy nexus, huawei ascend P1 S serta tablet archos. Kelebihan yang dimiliki prosesor OMAP diantaranya proses tampilan situs pada intrernet seperti website pada PC. User interface lebih cepat ssrta penggunaan daya sedikit.

  5. Nvidia Tegra

    Prosesor buatan Nvidia Tegra difokuskan agar handal untuk bermain game. Chipset Nvidia sangat cocok untuk pecinta game. Nvidia dapat menghadirkan jumlah core yang efektif misalnya jika gadget menjalankan game berat, semua inti prosesor akan bekerja tetapi jika hanya menjalankan aplikasi ringan hanya berjalan dengan satu inti.

  6. Exynos

    Ini adalah prosesor buatan Samsung. Chipset ini cenderung ekslusif hanya untuk perangkat premium buatan Samsung. Kemampuan chipset ini menawarkan performa yang hampir sama dengan Qualcomm sehingga sudah dapat dikatakan mumpuni. Prosesor jenis Exynos juga dilengkapi oleh GPU ARM Mali-400 MP4 yang mempunyai kelebihan pada bidang game 3D serta multitasking.

GPU merupakan kepanjangan dari Graphics Processing Unit yakni semacam chip yang digunakan pada system android sebagai tambahan dari CPU sebagai perangkat utama yang berfusngsi sebagai pengolah system grafis pada android. GPU yang pertama kali hadir yakni jenis GPU GeForce 256 pada tahun 1999 dan diluncurkan oleh NVIDIA. Mungkin Anda juga pernah mendengar istilah CPU pada computer, nah fungsi GPU hampir menyerupi CPU pada computer.

Mengenal Urutan Jenis Macam GPU Terbaik Smartphone Terbaru

Akan tetapi jika CPU hanya terbatas memiliki beberapa core saja, akan tetapi pada GPU tersebut, mengandung hingga ribuan core. Oleh karena itulah, keberadaan GPU pada penggunaan smartphone android menjadi sangat penting, terutama jika Anda ingin menjalankan system 3 dimensi pada perangkat yang membutuhkan ketajaman gambar yang lebih tinggi. Pada smartphone, semakin tinggi kualitas GPU yang digunakan, maka biasanya harga smartphone tersebut juga akan semakin mahal.

Berikut ini beberapa macam jenis GPU yang biasa digunakan pada perangkat smartphone:

  1. PowerVR

    PowerVR merupakan GPU buatan video logic. GPU ini menggeluti mobile processing. Jenis GPU ini banyak kita temukan pada perangkat smarthpohe produksi apple yakni iPod dan iPhone. Misalnya pada perangkat ponsel apple yang terbaru saat ini, GPU PowerVR tersebut bisa kita temukan pada iPhone 5S yakni PowerVR G6430.

  2. Tegra

    Tergra pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 untuk media player zune HD. Tegra sendiri terbagi pada beberapa jenis, diantaranya Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4 dan Tegra K1. Pada tahun 2010, jenis GPU ini digunakan pada perangkat tablet, yakni untuk tablet Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200.

  3. Adreno

    Jenis GPU ini memiliki beberapa tingkatan, diantaranya adalah Adreno 130, Adreno 200, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330.

  4. Mali

    Beberapa jenis smartphone saat ini cukup banyak yang menggunakan jenis GPU Mali. Pada tahun 2005, jenis GPU mali digunakan pada 95% smartphone yang ada di dunia. Jenis tercepat dari GPU Mali tersebut adalah versi MAli T-720. Namun sayangnya belum banyak smartphone yang menggunakan GPU jenis ini.

  5. VideoCore Broadcome

    VideoCore Broadcome merupakan jenis GPU yang memerlukan daya rendah untuk pengoperasiannya. Jenis GPU ini saat ini menggunakan arsitektur DSP dual dimensi dalam aplikasinya sehingga lebih fleksibel dan efisien.

Berikut ini adalah beberapa GPU terbaik berdasarkan hasil benchmark untuk tablet maupun smartphone mulai dari peringkat kesepuluh hingga peringkat pertama

  • PowerVR SGX 544 MP4
  • ARM Mali-T628
  • PowerVR G6200
  • Qualcomm Adreno 330
  • PowerVR G6430
  • ARM Mali T760
  • Qualcomm Adreno 420
  • PowerVR GX6450
  • NVIDIA GeForce Tegra K1
  • Qualcomm Adreno 430

Berdasarkan urutan tersebut diketahui bahwa Qualcomm Adreno 430 menjadi GPU terbaik. Namun performa pada smartphone tidak hanya ditentukan dari faktor GPU saja tetapi juga faktor prosesor dan memori RAM yang digunakan pada smartphone tersebut.

Sumber: Blog DimensiData News

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar