Arif Nur Ridwan
Wizard Level 22
05 Januari 2015 - 15:08

Ternyata Ini Kelebihan Android Lollipop

 

Ini dia kelebihan Android Lollipop

Android versi terbaru 5.0 atau Lollipop ini baru dirilis Google pada Oktober kemarin. Namun tidak semua device langsung mendapat update versi terbaru Android ini. Beberapa perangkat harus “mengantre” untuk mendapatkannya. Bagi Anda yang belum meng-install-nya atau masih menunggu “antrean”, mungkin penasaran, apa saja kelebihan Android 5.0 Lollipop ini dibanding versi-versi sebelumnya? Lebih ‘manis’kah dari Kitkat?

Dalam blog resminya, Google mengaku Lollipop merupakan update terbesar Android yang pernah dilakukannya. Maka pantas hasilnya pun tidak mengecewakan. Beberapa fitur baru ditawarkan oleh Google dalam Android versi anyar ini.

1.       Material Design

Tampilan Android Lollipop ini memang sangat berbeda dengan tampilan Android versi sebelumnya. Tampilannya ini disebut material design. Bentuknya lebih dinamis. Dengan tampilan flat dan efek animasi yang lebih realistis dari sebelumnya. Tampilan antarmuka ini memberikan pengalaman yang berbeda dalam ‘mencicipi’ Android.

2.       Guest User Mode dan Android Smart Lock

Keamanan perangkat Android Anda mendapat perhatian lebih pada Android Lollipop ini. Biasanya kita kadang sungkan untuk meminjamkan gadget kita kepada orang lain. Tapi tenang, Lollipop menyediakan Guest User Mode, sehingga privasi Anda tetap terjaga dan Anda tidak perlu khawatir lagi untuk berbagi gadget dengan teman Anda. Selain itu, ada juga fungsi Android Smart Lock yang dapat mengamankan handphone atau tablet Anda dengan memasangkannya dengan perangkat lain. Sehingga salah satu perangkat tersebut hanya dapat dibuka oleh perangkat lain yang Anda percayai.

3.       Hemat Baterai

Yang sering menjadi masalah dari sebuah smartphone adalah cepatnya daya baterai terkuras habis. Dengan Lollipop ini, Google mengklain bahwa fitur penghemat baterainya dapat memperpanjang daya smartphone Anda hingga 90 menit. Selain itu sistem Android Lillipop ini dapat memberikan notifikasi perkiraan waktu daya tahan baterai yang tersisa dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk men-charge baterai sampai penuh.

4.       Kontrol Notifikasi

Lollipop mempunyai fitur untuk mengatur notifikasi pada smartphone Anda. Di sini Anda dapat memilah notifikasi apa saja yang penting atau tidak terlalu penting. Bahkan Anda dapat mengatur untuk menampilkan notifikasi atau tidak. Meskipun smartphone Anda dalam keadaan terkunci, notifikasi ini nantinya dapat Anda akses secara langsung.

5.       Integrated Device

Menurut Google, Android Lollipop ini dapat terintegrasi antar perangkat Android, seperti smartphone, tablet, dan smartwatch. Tidak hanya untuk berbagi konten, Lollipop ini juga memungkinkan untuk berbagi tampilan layar.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba Lollipop? Pastikan dulu perangkat Android Anda support Lollipop ini. Caranya Anda bisa mengecek di situs resmi gadget Anda.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Makin pesat aja perkembangan OS Android, sementara hape ane masih stuck di OS GB tanpa bisa diupgrade -_-
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    ane juga gb gan, pake galaxy young -__________-
  • Bima Satria
    Master Level 25
    Dulu pas masih pake android, cuma nyampe jellybean smartphone ane -_-
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    ga demen android tp gw lol
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    nani juga ngerasain android gan :3