DimensiData
Apprentice Level 3
24 Pebruari 2016 - 13:27

Pengertian, Perbedaan, Kelebihan serta Kekurangan Sinyal GSM dan CDMA

Pada zaman sekarang ini dimana teknologi sudah berkembang dengan pesat dan minat masyarakat yang cukup tinggi pada dunia telekomunikasi seluler, membuat kita sering mendengar beberapa istilah dari sinyal jaringan internet. Sebut saja seperti istilah GSM dan CDMA. Dari dua istilah tersebut, apabila anda disuruh memilih, banyak dari anda yang pasti lebih memilih GSM. Pertanyaannya adalah apakah Pengertian, Perbedaan, Kelebihan serta Kekurangan dari Jaringan GSM dan CDMA? Nah, untuk tahu lebih lanjutnya, mari kita simak informasi dibawah ini.

Pengertian Jaringan GSM dan CDMA
Sebelum berbicara lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan sinyal GSM dan CDMA dalam jaringan internet, maka akan lebih baik jika kita mengupas terlebih dahulu mengenai apakah sebenarnya arti kepanjangan dari sinyal jaringan GSM dan CDMA itu sendiri.

GSM merupakan kepanjangan dari Global System for Mobile. Ini merupakan sebuah jaringan komunikasi yang dapat bekerja dengan mengirimkan data pada sebuah slot waktu tertentu. Kemudian hal ini akan membentuk jalur untuk setiap sambungan yang ada dengan timeslot atau rentang paket waktu yang sangat cepat. Metode yang digunakan untuk pengiriman data pada GSM adalah TDMA atau Time Division Multiple Access. Metode ini menggunakan waktu sebagai sebuah perantara untuk akses. Jika waktu ini telah digunakan oleh seorang user atau pengguna, maka pengguna lain pun tidak akan dapat mengaksesnya.

Sedangkan CDMA kepanjangan dari Code Division Multiple Access adalah sebuah cara komunikasi yang mengirimkan data dengan bentuk kode yang unik. Kode unik inilah yang nantinya akan melakukan pengaturan pada paket data yang akan dikirim. Untuk dapat memahami dengan cara yang mudah, CDMA ini seperti sebuah kapal terbang yang ditumpangi oleh banyak orang yang memiliki kode, identitas dan tiket yang berbeda. Jika mereka ingin melakukan sebuah koneksi, maka kode ini akan membuat akses yang berbeda untuk setiap orang sehingga pengguna akan dengan bebas berkomunikasi dengan orang lain.

sinyal GSM dan juga CDMA dalam Jaringan dan Internet

Kini setelah mengetahui arti dari GSM dan CDMA, maka selanjutnya penting bagi kita untuk mengetahui apakah kelebihan dan kekurangan dari sinyal GSM dan CDMA dalam jaringan internet supaya anda lebih mudah untuk memilih salah satunya.

Kelebihan dan Kekurangan GSM
Kita mulai dari GSM, kelebihan dari GSM adalah:

  • Sinyal yang ada atau dimiliki oleh GSM biasanya lebih stabil dan juga kuat serta memiliki jaringan yang lebih luas di Indonesia.
  • Tersedia lebih banyak pilihan provider di Indonesia.
  • Jaringan GSM memiliki kualitas suara yang lebih jelas serta lebih jernih saat terjadi sebuah koneksi.

Selain beberapa kelebihan tersebut, Jaringan GSM juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan tersebut adalah:

  • Terdapat kode dan juga digunakan secara bergantian
  • Informasi yang ada pada jaringan GSM mudah diketahui atau mudah disadap oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
  • Sistem informasi yang terdapat dalam jaringan GSM mudah bocor.
  • Biasanya jaringan GSM memiliki tarif atau harga yang cenderung lebih mahal.

Kelebihan dan Kekurangan CDMA
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan GSM seperti yang telah dijelaskan di atas, maka tidak lengkap jika kita tidak meninjau mengenai CDMA.

Kelebihan CDMA adalah:

  • Biaya atau tarif untuk melakukan komunikasi dan data biasanya lebih murah
  • Memiliki sistem keamanan yang lebih baik
  • Produk CDMA, missal Handphone CDMA, memiliki harga yang jauh lebih terjangkau.

Sementara itu, kekurangan dari CDMA adalah:

  • Kualitas suara yang dimiliki CDMA biasanya kurang baik
  • Karena digunakan secara multy, biasanya dalam berkomunikasi akan sering mengalami gangguan atau kurang lancar
  • Sinya dan jaringannya pun masih terbatas. Biasanya hanya terdapat pada kota-kota besar di Indonesia.

Itulah informasi pengertian, kelebihan serta kekurangan sinyal GSM dan juga CDMA dalam Jaringan dan Internet. Pada umumnya, kita dapat memilih operator jaringan yang akan kita gunakan, sesuai dengan kebutuhan kita. Setiap jaringan memilikki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Samyang
    Apprentice Level 3

    CDMA di Indonesia tinggal smartfren kan ya?