DimensiData
Apprentice Level 3
18 Pebruari 2016 - 15:31

Tips Cara Memilih Printer DTG Rakitan Murah Berkualitas untuk Usaha Sablon

Printer DTG atau Direct to Garment, merupakan sebuah alat yang sangat cocok bagi pengusaha sablon yang dulu menggunakan tinta dengan jenis sublimation dan dengan menggunakan teknologi transfer paper. Namun memang teknologi dengan jenis ini membutuhkan biaya yang cukup banyak. Hal inilah yang kemudian bisa ditutupi oleh printer DTG. Printer Mesin DTG adalah mesin sablon teknologi terbaru yang memudahkan kita untuk mencetak sebuah T-Shirt satuan ataupun lusinan.

Anda dapat mencetak apa saja baik gambar vector/photoshop maupun gambar foto (beresolusi besar) langsung ke kain berbahan cotton combed/carded, printer DTG mampu langsung mencetak bahan, misalnya saja katun dengan hasil cetak yang cenderung baik dan tahan lama meskipun telah melalui proses pencucian selama beberapa kali. Warna yang dihasilkan pun cukup tajam dan merata sehingga akan sangat memuaskan.

Cara Memilih Printer DTG Berkualitas

Keunggulan sablon digital menggunakan printer DTG dibanding dengan menggunakan transfer paper :

  1. Hasil sablon menggunakan printer DTG lebih awet dan tahan dicuci berkali-kali
  2. Hasil sablon menggunakan printer DTG tidak ada tepi gambar berbentuk persegi seperti menggunakan transfer paper
  3. Sablon menggunakan printer DTG lebih murah
  4. Sablon menggunakan printer DTG hanya sekali jalan yaitu langsung di-print ke kaos, sedangkan jika menggunakan transfer paper harus di-print dahulu ke transfer paper sebelum gambar dipindahkan ke kaos menggunakan mesin heat press
  5. Hasil sablon menggunakan printer DTG sangat halus dan rata ke permukaan kaos tidak keras dan menonjol seperti pada sablon menggunakan trannsfer paper

Berbagai macam pilhan printer DTG rakitan lokal maupun import yang tersedia di pasaran pastinya mau tidak mau akan membuat anda bingung memilih, apalagi jika and termasuk dalam golongan pengusaha sablon yang masih dibilang baru merintis usaha. Dalam memilih printer DTG ini memang ada hal yang harus anda pertimbangkan dan juga perhatikan dengan baik. Lalu, bagaimanakah cara untuk dapat Memilih printer DTG berkualitas untuk usaha sablon? Berikut ini akan kami berikan tips nya supaya anda tidak salah memilih dan usaha sablon anda dapat berjalan dengan lancar. Tips untuk memilih printer DTG yang baik adalah:

  1. Melihat Kualitas Printer. Yang pertama tentu saja anda harus melihat kualitas dari printer DTG ini. Pastikanlah bahwa printer DTG yang anda piliih mampu memberikan hasil pencetakan yang maksimal atau yang sangat baik untuk kaos atau bahan lain.
  2. Bandingkan hasil Printer. Setelah anda melihat hasil printer sebuah printer DTG, maka anda dapat membandingkannya dengan hasil printer DTG yang lainnya. Pilihlah hasil printer atau hasil cetakan dengan kualitas yang paling baik.
  3. Pilihlah printer yang awet. Pilihlah sebuah printer DTG yang tahan lama dan juga awet. Jika anda bingung, anda dapat meminta rekomendasi dari orang-orang yang terpercaya atau anda dapat mencari informasi dari berbagai sumber, seperti internet. Printer yang awet pastinya akan memberikan keuntungan ekonomi yang baik pula bagi anda.
  4. Pilihlah Printer yang ber-Garansi. Pilihlah sebuah produsen printer DTG yang memberikan garansi pada printer DTG yang anda beli. Hal ini akan membuat anda terhindar dari kerugian jikalau ada yang tidak beres dari mesin printer DTG yang anda beli. Namun tentu saja dengan catatan bahwa kerusakan bukan berasal dari kesalahan yang anda buat.
  5. Sesuaikan dengan Budget. Yang terakhir, pilihlah printer DTG yang sesuai dengan budget yang anda miliki dan jangan terlalu memaksakan untuk membeli sebuah printer yang anda kira terlalu mahal untuk dibeli.

Jika Keputusan memilih printer DTG sudah ditangan, maka jika pilihan anda adalah Printer mesin DTG rakitan lokal, maka jangan tergesa-gesa membeli, ada baiknya pertimbangkan hal tambahan yang harus anda perhatikan sebelum mengambil keputusan :

  1. Design dan bahan body, apakah design ala kadarnya?? Atau dibuat sebagus mungkin?? Ini menentukan apakah pembuat printer serius atau tidak, Bahan body kayu, plat dan stainless atau aluminium, hal ini berhubungan dengan harga dan daya tahan serta kualitas hasil print.
  2. Ingat bahwa design dan bahan bukan semata mata berhubungan dengn kualitas tetapi juga berhubungan dengan keseriusan vendor dalam merancang dan merakit.
  3. Dukungan dan Pelatihan, apakah anda akan mendapatkan dukungan setelah membeli, apakah produsen masih akan mengangkat telpon anda, membalas sms anda jika kemudian hari menghadapi masalah.
  4. Hasil print atau hasil sablon, seberapa bagus hasilnya, buram atau detail. Seberapa awet hasil sablonnya terdapat cucian dan pemakaian? Produsen atau penjual yang baik tidak akan menolak melakukan demo produk langsung kepada anda dan memberikan kepada anda hasil demo untuk diuji sebelum mengambil keputusan untuk membeli.

Itulah tadi Cara Memilih Printer DTG Berkualitas untuk Usaha Sablon yang dapat anda praktekkan sendiri, terutama jika anda sedang memulai dan merintis usaha sablon. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar