Tompi Hariadi
Apprentice Level 3
01 Oktober 2014 - 12:04

Sedikit Penjelasan Tentang Jailbreak (For Newbie Only)

#Jailbreak Adalah proses untuk mendapatkan akses 'root' (superuser) di sistem operasi iOS sehingga mendapatkan full access di sistem Unix-nya (ingat iOS itu berbasis OS X (Darwin), alias Unix =D) Menghilangkan Batasan Batasan yang telah di Buat Oleh Apple, sehingga Anda bisa menambahkan Aplikasi Pihak ketiga untuk meningkatkan kinerja dan menambahkan fitur lain Perangkat iOS anda. Artinya dengan melakukan Jailbreak anda bebas melakukan modifikasi, Mengakses File Root menginstall Aplikasi di luar persetujuan Apple yang tentunya tidak anda dapatkan dengan membuka Appstore, Mengakses file secara lokal langsung di iDevicenya juga memungkinkan dengan menggunakan "Terminal" (yep setelah dijailbreak, commands are on your hands!) atau aplikasi "file viewer" yang ada di repo aplikasi-aplikasi jailbreak (aplikasi yang tidak mendapat autorisasi dari Apple, nggak ada di App Store). Repository ini bisa diakses melalui Cydia (sebuah front-end untuk apt dan dpkg pada iOS yang sudah di-jailbreak). Bahkan bagi pemilik iPhone 3Gs dengan Baseband tertentu bisa di Unlock Hanya dengan Melakukan Jailbreak. 

 

 

#Apakah Jailbreak itu Berbahaya? Jailbreak sebenarnya tidak berbahaya hanya melemahkan sebagian System keamanan iOS tapi bukan berarti System Oprasi iOS tersebut sepenuhnya menjadi lemah. Hanya beberapa bagian saja. Tapi bukan berarti tidak bisa merusak Perangkat iOS yang ada di iPhone, ipad, iPod anda. sebab para developer yang yang membuat Tweaks dan Aplikasi di Cydia tidak mengikuti pedoman penggunaan Memory dan CPU yang diberikan oleh Apple. Maka perangkat yang sudah di Jailbreak dan menginstall Tweaks dan Aplikasi tertentu akan cenderung sering Crash, Hang, Restar sendiri Tanpa sebab yang jelas. sebenarnya 'jailbreak' itu sendiri memanfaatkan security flaw di iOS device, tetapi malah setelah dijailbreak-lah vulnerability (kerentanan) itu meningkat. Stefan Esser, security consultant dari Jerman telah menemukan sebuah metode untuk mengaplikasikan ASLR (Address space layout randomization) ke iOS device yang sudah di-jailbreak sebagai patch yang meningkatkan keamanannya.

 

Hal-Hal yang perlu diperhatikan bagi anda yang memiliki perangkat jailbreak agar tidak bermasalah di kemudian hari  adalah sebagai berikut.

 

 

(a)Erase All Content and Settings - Ketika anda panik sambil teriak-teriak kegirangan, dengan ke tidak normalan pada perangkat jailbreak anda dan berniat untuk menghilangkan jaibreaknya. sebaiknya jangan sekali-kali anda melakukan ini, "Erase All Content and Settings" dengan cara Settings > General Reset, Efek yang terjadi jika melakukan hal tersebut akan membuat Perangkat anda melakukan restar berulang kali, bahkan mentok di logo apple. Namum bagi anda yang memiliki Perangkat Non jailbreak hal ini tidak akan menyebabkan Crash. Sebaiknya untuk menghilangkan Jailbreak pada perangkat anda dengan cara restore melalui iTunes.

 

(b)Menginstall Tweek yang tidak Support dengan iOS ataupun perangkat anda - Jika anda hendak Menginstall sebuah Tweek dari Cydia, sebaiknya anda membaca keterangan yang bisanya dituliskan di deskripsi tweak tersebut atau di bagian “More Info” atau “Developer’s Note”. Jika anda asal install tweek dan ternyata tweek tersebut tidak cocok, maka anda akan terjebak di "Safe Mode".

 

(c)Tidak melukan Restore dan Langsung di Bawah ke Service Center - Sehebat apapun anda menyembunyikan perangkat iOS anda dari Jailbreak, pihak Apple atau Service Center, akan mengetahuinya, apa yang terjadi jika mereka tahu iPhone - iPad -iPod kita telah di jailbreak?, Kita tahu jika melakukan Jialbreak akan menghanguskan Garansi dari iPhone - iPad - iPod. dan anda tidak akan di layani menggunakan garansi tersebut, Mungkin anda harus membayar ke pihak Service Center apple untuk mendapatkan service mereka.

 

#Apa kerugian Jika saya melakukan Jailbreak? Pertama adalah Hilangnya garangsi resmi yang di berikan oleh Apple untuk iPhone, iPad, iPod yang anda miliki Dan Apple tidak akan bertanggung Jawab atas kerusakan jika suatu hari Perangkat anda Rusak Gara - Gara Jilbreak. sebab Apple sangat tidak suka dengan Jailbreak, ini sebabnya Apple terus merilis iOS baru dan meningkatkan menikatkan Fitur dan System Keamannya agar sulit untuk di Jailbreak. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas iPhone, iPad, iPod yang sudah terjailbreak bisa mengalami kerusakan Bahkan Mati Total.

 

#Apakah iPhone, iPad, iPod yang rusak karena Jailbreak masih bisa di Perbaiki? Karena Jailbeak Hanya berhubungan dengan Perangkat Lunak iOS dan Bukan Hardware. ketika gagal melakukan Jailbreak atau tiba - Tiba iDevice anda rusak di sebabkan pengaruh Pihak ketika yaitu Tweaks dan Aplikasi dari Cydia. anda hanya hanya perlu memposisikan perangkat anda ke dfu mode dan melakukan Restore iOS menggunakan iTunes untuk memperbaikinya dan menghilangkan Jailbreaknya.

 

Jika Saya pemilik iPhone, iPad, iPod apakah saya Wajib untuk menjailbreaknya? ini tergantung keputusan anda dan menjadi Hak anda. tidak ada kewajiban atau keharusan untuk memaksa anda untuk melakukan jailbreak. Jika anda tidak suka dengan Penggunaan IPhone, iPad, iPod yang standar standar saja.

 

Sorry Klu penjelasannya panjang bangett.... klu ada yang kurang silahkan ditambahkan

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Jailbreak itu ibarat root di android yak? Klo di android kan bisa di unroot tuh, klo jailbreak bisa di unjailbreak ngga? xD
  • Tresna Dwinanda
    Novice Level 2
    ini ilmu bagi para pemula, nice gan ~