Stephen Lukas
Senior Level 10
09 Mei 2016 - 18:47

7 Bahaya Video Game beserta Solusinya!

 Belakangan ini ada sebuah masalah yang cukup unik yang terjadi di Indonesia. Jika kita biasa mendengar berita tentang politik, isu artis yang menghebohkan, namun kali ini ada sebuah permasalahan dimana KPAI alias Komisi Perlindungan Anak Indonesia MELARANG 15 Video Games yang sudah tersebar di Indonesia dan cukup banyak dimainkan oleh semua kalangan di Indonesia. Sebenarnya, Video Games ini bahaya nggak sih? Mari kita ulas!

Bahaya Kecanduan dan Lupa Waktu

Yap, ketika kita sedang asyik - asyiknya bermain game, pastilah kita terlarut pada kesenangan kita sendiri dalam game tersebut. Nah, akibanya seringkali kita meluangkan lebih banyak waktu hanya untuk bermain dan bukan untuk melakukan pekerjaan kita seharusnya. Solusinya, kalian harus lebih pandai mengatur waktu dan berikan motivasi atau reward untuk bermain game jika sudah selesai mengerjakan tugasnya.

 

Perilaku yang tidak pantas ditiru

Nah, ini juga, kita ingat bahwa semua adegan di dalam game itu adalah fiktif alias memang sudah disetting oleh developernya untuk melakukan adegan tersebut. Nah, Solusinya kalian harus cermat mengetahui hal - hal apa saja yang boleh ditiru dan dilarang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Kurang Kepedulian dengan Orang Lain

Banyak orang yang mengira ketika menjadi seorang gamers, kita akan jauh dari interaksi masyarakat. Namun, ini tidak selalu benar. Kita juga bisa berkomunikasi dengan orang lain, misalnya dengan bergabung dengan clan - clan dan juga bisa mengikuti gathering yang diadakan komunitas tersebut. Solusinya, kita harus terlebih dahulu untuk mengenali setiap kepribadian kita, misalnya kita seorang introvert atau extrovert.

 

Hilangnya Budi Pekerti

Banyak yang bilang kalau game FPS itu mengurangi kemampuan anak untuk mengerti budu pekerti yang sesungguhnya. Namun ini salah. Solusinya, seorang anak yang bermain dengan rating dewasa harus didampingi oleh orang tuanya,sehingga orang tuanya pun juga bisa memberikan wawasan yang baru kepada anaknya.

 

Mengganggu Kesehatan

Nah, ini juga ada benarnya, namun juga tidak 100%benar. Ketika bermain game apalagi di depan komputer selama ber jam - jam, tentu saja kita akan kehilangan cairan tubuh kita. Namun, jangan salah, tidak selamanya juga mengganggu kesehatan, misalnya dengan bermain game juga meningkatkan respon kita terhadap sesuatu. Solusinya, selalu sediakan air untuk diminum dan juga memandang objek yang jauh setelah bermain +- 30 menit.

 

Pengaruh Ideologi

Nah, memang harus diakui ideologi negara barat dengan negara Indonesia ini memang jauh sekali berbeda. Namun, yang harus diingat, kita juga harus selalu mengingat Panca sila sebagai ideologi kita. Solusinya, pendidikan Pancasila memang menjadi sebuah mata pelajaran yang harus ditanamkan sejak dini kepada anak - anak.

 

Boros

Yap, ini benar juga. Ketika kita kecanduan, pastilah kita ingin membuat ID kita menjadi lebih kuat adn hebat dengan melakukan In App Purchase alias bahasa kerennya "nge-cash". Namun perlu diingat, tidak selamanya kita memerlukan cash untuk memenangkan game. Solusinya, orang tua harus memantau penggunaan uang yang diberikan kepada anaknya dan juga mengingatkan pentingnya menabung.

 

Sumber Techinasia

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25

    ini yang penting! ga semua game buruk kok asal diawasi

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    ini yang penting! ga semua game buruk kok asal diawasi

    Adam Rinaldi Saputra

    bener bangettt, setuju!

  • Samyang
    Apprentice Level 3

    asal ga berlebihan sih gapapa kok