Khayan Thomas Bustomi
Junior Level 7
02 April 2016 - 14:18

Tips Merawat Baterai HP dengan baik

Tips cara merawat beterai handphone agar awet — Handphone tidak bisa lepas dari yang namanya baterai, baterai adalah salah satu elemen inti dari sebuah handphone dan itu tidak terbantahkan lagi. Tanpa baterai, apalah artinya sebuah smartphone, fungsinya tidak akan maksimal, tidak bisa dibawa-bawa, dan tentu akan sangat menjengkelkan.

Selama ini, banyak sekali kita temukan tips dan cara agar baterai memiliki umur yang panjang namun terkadang cara-caranya cukup menyulitkan. Misalnya kita harus mematikan fitur-fitur tertentu, tak mengunduh aplikasi tertentu dan hal lain yang mengkerdilkan fungsi smartphone itu sendiri.

baterai hanphone

Baterai Handphone via gadgetstouse.com

Berikut ini adalah beberapa cara agar baterai handphone anda awet dan tahan lama serta memiliki umur yang panjang.

1. Jangan sampai baterai benar-benar kosong.

Mengisi baterai sampai penuh dan dalam waktu yang lama tentunya tidak baik. Namun, membiarkan baterai handphone anda benar-benar kosong juga tak lebih baik. Jika sering terjadi seperti itu, maka ketahanan baterai akan berkurang secara perlahan.

2. Isi daya baterai handphone dalam beberapa tahapan.

Untuk menjaga baterai agar tidak “muak” dengan pengisian, maka sebaiknya dilakukan dalam beberapa tahapan. Misalnya dari 30 persen sampai 60 persen atau dari 45 persen ke 79 persen.

3. Ingat! Kondisi baterai handphone paling baik saat 40 persen.

Pada persentase tersebut kondisi baterai seimbang. Tak terlalu penuh, tak juga kosong. Pada situasi seperti ini, jangan menekan sel baterai dengan pengisian daya. Lebih baik handphone digunakan sehingga persentase baterai menurun pelan-pelan. Setelah, sesaat sebelum kosong maka isilah daya.

4. Jangan tempatkan baterai di suhu panas

Baterai anda akan kehilangan 80 persen ketahanan jika pengguna menaruhnya pada temperatur 60 derajat selama setahun. Pada suhu normal (25 derajat), ketahanan baterai tiap tahunnya juga bakal berkurang secara alamiah sebanyak 20 persen.

5. Jangan tempatkan baterai pada suhu dingin.

Jika ingin menyimpan baterai, pastikan bukan ditempat yang suhunya dingin, seperti kulkas. Karena resikonya akan sama dengan jika di taruh di tempat yang panas.

6. Jangan biarkan baterai kosong dalam jangka waktu lama.

Jika baterai benar-benar kosong, sel baterai akan “tidur”. Jika tidak cepat “dibangunkan”, kemungkinan terburuknya sel tersebut akan kehilangan kemampuan terbaiknya untuk menyerap daya dari alat pengisian baterai. Maka, sat kapasitas baterai menunjukan angka 40 persen, pengguna sudah harus siap-siap melakukan pengisian ulang.

7. Jangan menyangka baterai akan hidupselamanya.

Manusia saja hanya hidup sementara, apalagi baterai smartphone anda. Faktanya, setiap tahun ketahanan baterai bakalan semakin menurun. Walaupun pengguna telah merawatnya dengan benar, ingat bahwa setiap baterai juga memiliki umur.

Jadi jangan berkecil hari ketika baterai anda tidak bisa digunakan lagi. Belilah baterai baru demi kesehatan smartphone anda. Tips yang kami sampaikan diatas hanya untuk membantu merawat dan memperpanjang umur baterai, bukan membuatnya hidup abadi.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Keysha Elvina
    Novice Level 1

    Boleh dicoba mkasih

  • Samyang
    Apprentice Level 3

    Boleh dicoba mkasih

    Keysha Elvina

    gimana sist udah dicoba ngefek ga?

  • Khayan Thomas Bustomi
    Junior Level 7

    Bagus sis, coba aja tips itu

    Memperpanjang umur baterai

  • Khayan Thomas Bustomi
    Junior Level 7

    Buruan dicoba sis keysa