Stephen Lukas
Senior Level 10
01 April 2016 - 21:14

HDD Komputer tidak terbaca? Ini Solusinya!

Harddisk atau yang biasa kita sebut dengan HDD ini adalah sebuah perangkat komputer yang sangat penting karena dengan hardware ini kita bisa menyimpan seluruh data dan tanpa hardware ini, kita tidak bisa menjalankan sebuha komputer. Nah, uniknya terkadang hardware yang satu ini seringkali error dan tidak terbaca. tentu hal ini sangat menyebalkan dimana data kita berada di hardware yang satu ini. lalu bagaiamana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut!

1.Setting Drive yang benar melalui BIOS

Nah, bagi orang awam, mungkin tidak mengenal yang namanya BIOS. Namun, BIOS ini sendiri merupakan Basic Input Output System dimana kita bisa mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan hardware disini. 

2. Salah memasang kabel

Tak jarang, meskipun kita sudah merasa mahir, masih saja ada kabel yang tidak seharusnya terpasanga atau bahkan yang belum terpasang di HDD kita. 

3. HDD tidak mau berputar

Yap, di dalam HDD sendiri ada sebuah pirirngan yang dinamakan plate, dimana plate ini sendiri sangat berhubungan untuk membaca data kita di dalam HDD ini. Jika tidak mau berputar yang pasti tidak akan terbaca. Kalian harus cek mulai dari kabel, kondisi PSU dan juga kondisi fisik nya.

 

4. Kesalahan pemasangan jumper

Yap, mungkin ini agak sulit dimengerti, namun pada intinya kesalahan pemasangan jumper mengakibatkan error.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar