Archie Winata
Junior Level 5
12 Pebruari 2016 - 18:47

Laporan Terkini Baidu, Serba Serbi Smartphone dan Penggunanya.

Baidu akhir akhir ini merilis data data penting dan menarik seputar smartphone. Hal ini diketahui dari store mereka Mobo Market. Kalau kemarin kemarin Baidu merilis data bagaimana user Indonesia menggunakan apps, kini Baidu kembali mengeluarkan data menarik seputar pemakaian baterai dan kecepatan proses smartphone. Data global ini dikumpulkan dari dua apps terkemuka mereka DU Battery Saver dan DU Speed Booster.

Fakta mengatakan bahwa berbagai belahan dunia menggunakan smartphone mereka berbeda pula. Misalnya Amerika Utara dan Selatan lebih sering menghabiskan energi baterai mereka bila dibanding masyarakat di Afrika Utara dan Timur Tengah. Dimana Amerika Utara diketahui paling banyak menggunakan smartphone mereka di kisaran jam 9 malam sampai jam 3 pagi.

Di Asia dan Timur Tengah serta Afrika Utara sendiri tercatat bahwa para pengguna smartphone di tiga belahan dunia ini mudah sekali kesal dan marah apabila smartphone mereka kehabisan baterai ketika sedang digunakan. Hal ini juga memicu para pengguna di Asia lebih sering menggonta ganti smartphone mereka dengan perangkat yang lebih baik bila dibandingkan dengan belahan dunia lain.

Data data yang dikumpulkan ini sudah seimbang dan cukup merata penyebarannya, Dimulai dari sekitar 3 ribu responden melalui Survey Monkey, kemudian data data dari sekitar 200 negara lebih dikumpulkan melalui apps. Serta pendapat dari para developer Baidu juga diikutsertakan. Namun perlu dicatat bahwa daerah Eropa, sebagian besar Afrika dan Australia belum diikutsertakan.

  • Secara rata rata di setiap smartphone ada sekitar 8 apps yang berjalan secara background tanpa diketahui pemiliknya

Dengan fakta diatas ditambah lagi apps yang Anda jalankan sendiri dan Anda ketahui maka bisa dihitung ada sekitar 16 lebih apps yang berjalan. Hal ini sangat memakan energi baterai dengan cepat. Maka dari itu kebanyakan orang minimal mengisi baterai smartphone mereka sekali sehari atau bahkan lebih.

  • Ponsel mengalami panas berlebih adalah masalah paling umum di seluruh belahan dunia

44 persen para responden menyatakan fakta diatas merupakan masalah di smartphone mereka. Panas berlebih lazim ditemui apalagi bila smartphone dengan kualitas hardware tinggi 'dipaksa' bekerja sampai limitnya.

Responden Asia paling sering mengeluh soal panas berlebih ini bila dibandingkan belahan dunia lain. Sedangkan di Amerika Utara para user lebih mengeluhkan ke kurangnya media penyimpanan smartphone mereka, yang dimana hal ini anehnya sedikit sekali dikeluhkan para user di Asia.

  • Orang di Amerika Utara sering 'membersihkan' RAM mereka

Orang di Amerika selatan terkenal boros RAM menurut data diatas. Sedangkan orang di Amerika Utara lebih sering membersihkan RAM mereka guna mencapai performa smartphone yang efisien.

  • Apps menghasilkan banyak residu data alias 'sampah' data

Secara rata rata apps menghasilkan sampah data sebanyak 900 Mb setiap harinya. Dengan ada jumlah manusia di dunia yang menggunakan smartphone sekitar 10 juta orang, maka jika dikalikan akan ada sebanyak 9 Juta GB data yang berhasil dibersihkan. Data ini sangat mengesankan dan menjelaskan betapa borosnya apps dalam soal sampah data yang dihasilkan. Bahkan Anda bisa mendapatkan penyimpanan Anda dilegakan sekitar 900 MB setiap harinya jika Anda rajin membersihkan sampah data Apps di ponsel Anda.

  • Pengguna smartphone di Asia sering menggunakan Powerbank

Untuk soal ini 47 persen dari responden yang merupakan orang Amerika Utara mengatakan mereka tidak melakukan apa apa ketika baterai smartphone mereka sudah hampir habis. Nah 19 persen yang merupakan masyarakat Afrika Utara dan Timur Tengah mengatakan mereka akan melakukan mode hemat baterai di smartphone mereka. Dan di kawasan Asia? Sesuai judul di atas apalagi kalau bukan segera mencari powerbank. Powerbank bisa dikatakan sangat populer di kalangan pengguna smartphone Asia. Oleh karena itu beberapa pabrikan smartphone seperti Xiaomi bahkan sampai memasukkan perangkat satu ini untuk menemani deretan smartphone mereka.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    tapi emang powerbank salah satu alternatif kalo ada perjalanan jauh