Risky Wijaya Praba Saputra
Professor Level 14
21 Desember 2015 - 08:39

Mikrotik RB941-2ND SEGMENTASI RUMAHAN DALAM KEMASAN SUPER SEDERHANA


Jauh berbeda dengan seri wireless router Mikrotik yang baru saja penulis bahas sebelumnya, yang sengaja dikemas dengan dua jenis port dalam untuk kebutuhan perkantoran dan SOHO. Wireless router milik Mikrotik berikut yang akan penulis boyong justru disegmentasikan untuk kebutuhan yang jauh lebih sederhana, atau lebih tepatnya untuk aktivitas personal.


Meski sengaja dikemas dalam kemasan yang begitu minimalis dan simple dengan mengadopsi chassis plastik standart, RB941-2nD ternyata telah memiliki performa wireless N yang cukup bersaing. Performa wireless yang selama ini tak memiliki reputasi mengecewakan dalam mengimplementasikan setiap kebutuhan online yang user inginkan, walaupun bandwidth yang diterapkan masih hanya berbasis dalam 2,4 Ghz. Hanya saja sebagaimana kemampuannya, user tentunya tak bisa berharap bahwa RB941-2nD akan bisa mendukung aktivitas streaming dan gaming yang berlebihan.

Sebagaimana kebanyakan perangkat router, RB941-2nD juga hanya mengusung 4 port LAN dan sebuah port e-WAN yang kali ini berbasis pada performa jaringan kabel Fast Ethernet. Sebagai router yang lahir sebagai generasi dari seri 900 dan memang sengaja disegmentasikan untuk kebutuhan rumahan, user ternyata juga dapat membawa perangkat ini kemanapun user membutuhkannya. Terlepas dari kemasannya yang mungil, RB941-2nD ini ternyata juga tidak selamanya mengandalkan daya kerjanya pada power-adapter bawaannya.

User bisa memanfaatkan power-bank yang user miliki sebagai pengganti pengisi daya, karena untuk RB941-2nD ini Mikrotik sengaja mengemas port dayanya sedikit lebih modern dengan menempatkan port micro-USB. Tak hanya instalasi penempatan yang mudah, sistem operasi yang terbenam dalam RB941-2nD juga sangat mudah diaplikasikan berkat RouterOS-nya yang kini dikemas dengan UI yang lebih familiar.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar