Risky Wijaya Praba Saputra
Professor Level 14
14 September 2015 - 11:04

Review Samsung NX-F1 mini


Samsung NX mini merupakan kamera interchangeable termungil, karena dimensinya memang sengaja dikonsep Samsung agar seukuran dengan kamera saku namun performa setara mirorless. Samsung NX Mini hadir dalam 5 pilihan warna pastel yang menawan, dengan ketebalan perangkat hanya sekitar 22,5 mm.

Sebagai perangkat Interchangeable, Samsung NX mini hadir dengan dukungan lensa zoom NX-M 9-27mm f/2.5-5.6 dengan tebal perangkat 29,5 mm. Lensa NX-M 9-27mm f/2.5-5.6 memiliki kemampuan zooming hingga 3x lipat dan panjang fokal 24–73 mm. Lensa yang tergolong dalam kategori lensa zoom ini, terbentuk dari 2 elemen yang mampu menghasilkan tampilan jernih, berkat dukungan kombinasi lensa Asperical (AS) untuk mereduksi efek distorsi , lensa Extra Low Dispertion (ED) untuk mereduksi efek aberasi kromatis. Keunggulan dari lensa NX-M 9-27mm f/2.5-5.6 adalah telah dilengkapi dengan sistem Optical IS dan teknologi Anti Hand Blurring, sehingga user bisa mengaplikasikan Samsung NX mini ini dimanapun juga tanpa repot membawa tripod.

Sensor gambar Samsung NX mini hadir dengan BSI CMOS 20,5 MP dan ISO 25600, lengkap dengan Color Filter RGB untuk mengkoreksi efek warna merah hijau dan biru yang timbul dari human-skin tone. BSI adalah sensor gambar yang dilengkapi teknologi Back-Side Illumination yang dapat memberikan efek cahaya tambahan pada kondisi ruangan minim cahaya, dukungan ISO 25600 berfungsi untuk memberikan kualitas gambar terbaik dan minim noise. Diagonal sensor Samsung NX mini yang berukuran 1 inch, memberikan keuntungan dalam menghasilkan kulitas gambar dengan resolusi tinggi pada kondisi low-light. Kinerja sensor Samsung NX mini ini cukup responsif hingga 1/6000 sec untuk aplikasi mode action shutter.

Panel layar DVF Samsung NX mini hadir dengan dimensi 3 inch HVGA Touch Panel LCD, yang memiliki kemampuan untuk aplikasi touchscreen. Panel layar Samsung NX mini juga sangat fleksible untuk diaplikasikan sebaga sarana foto selfie. User tinggal mengangkat panel layarnya hingga 180° dan berkediplah, maka dalam dua detik semuanya terabadikan. Samsung NX mini juga telah dilengkapid dengan fitur Smart Filter dan Smart Mode. Smart Filter dihadirkan Samsung untuk memberikan efek kreatif pada gambar. Smart Mode menghadirkan beragam mode captured-setting untuk berbagai kondisi pengambilan gambar.

Dukungan konektifitas Samsung NX mini hadir dengan fasilitas Wifi dan NFC, dengan mengandalkan berbagai aplikasi pintar seperti PhotoBeam, Mobile Link, Remote ViewFinder Pro, dan Baby Monitor. PhotoBeam berfungsi sebagai media berbagi dengan menggunakan teknologi NFC. Aplikasi Mobile Link berfungsi untuk berbagi media hingga 4 perangkat secara bersamaan, Aplikasi Remote ViewFinder berfungsi mengaplikasikan perangkat Samsung NX mini user dengan menggunakan smartphone atau tablet. Sementara, aplikasi Baby Monitor berfungsi sebagai media home-monitoring bagi para ibu, hingga 3 perangkat. Ibu hanya perlu meletakkan Samsung NX mini di kamar si kecil.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    kalo dibandingin sama mirrorless Samsung NX3300 bagusan mana ya?