evanyzd
Wizard Level 21
11 Juni 2015 - 12:23

Suhu Xperia Z4 Tembus 68 Derajat Celcius

Belum lama dirilis -- pada bulan April 2015 lalu -- Xperia Z4 yang merupakan ponsel flagship terbaru Sony sudah diterpa isu minor. Panas berlebih jadi hal yang dirisaukan pengguna Z4 asal Jepang.

Meski statusnya 'telah diluncurkan' namun faktanya Z4 masih dijual terbatas, baru di Negeri Sakura. Oleh penggunanya di Jepang ponsel ini kemudian dilaporkan memiliki suhu terlalu tinggi. Pembuktian oleh aplikasi CPU-Z yang disebarkan pengguna seakan mengonfirmasi hal tersebut. Hasil aplikasi CPU-Z menunjukkan suhu Xperia Z4 sampai menembus angka 68 derajat celcius.

 

 

Beredar spekulasi sumber panas Xperia Z4 bersumber dari prosesor yang digunakan, yakni Snapdragon 810. Bahkan salah satu operator telekomunikasi Jepang, NTT Docomo, yang membundling Xperia Z4 seakan mengamini hal tersebut.

Di sudut tokonya, NTT Docomo memajang pengumuman soal potensi panas berlebih yang mungkin dikeluarkan oleh ponsel dengan prosesor Snapdragon 810. Dalam pengumuman itu Docomo juga memberikan tips cara meredam panas berlebih ini.

Tapi Xperia Z4 ternyata bukan satu-satunya ponsel yang mengalami kasus panas berlebih di Jepang. Seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, beberapa ponsel seperti Fujitsu ARROWS NX, dan Sharp AQUOS Zeta dilaporkan mengalami hal serupa. Kedua ponsel itu juga menggunakan prosesor Snapragon 810.

Isu soal panas berlebih yang berpotensi dialami oleh Snapdragon 810 sempat ditepis oleh Qualcomm selaku pembesutnya beberapa waktu silam. Namun dengan hadirnya kasus ini, sejumlah analis lantas meragukan tepisan Qualcomm tersebut.

Apalagi tak lama kemudian setelah mengeluarkan bantahan Qualcomm langsung merilis Snapdragon 808, yang meski spesifikasinya lebih rendah, diklaim punya suhu operasional rendah. Snapdragon 808 seakan jadi pelarian Qualcomm dari kasus overheat Snapdragon 810.

Xperia Z4 sendiri rencananya akan dirilis Sony untuk pasar global dengan nama Xperia Z3+. Lantas apakah kasus yang sama akan dialami oleh Xperia Z3+ nantinya? Semoga saja tidak.

 

Sumur: Detiknet

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar