evanyzd
Wizard Level 21
29 Mei 2015 - 16:47

Doze, Fitur Pengirit Baterai di Android M

 

Google menyebut bahwa Android M bakal lebih irit baterai dibanding pendahulunya. Dan itu berkat sebuah fitur baru bernama Doze. Bagaimana cara kerjanya?

Doze adalah sebuah mode di Android M yang bertugas memperkecil konsumsi daya baterai saat ponsel dalam kondisi standby. Google menyebutnya sebagai 'trading a little bit of app freshness for longer battery life'.

Fitur ini punya cara kerja yang unik. Yaitu secara pintar akan mendeteksi ponsel yang tak digunakan dalam waktu lama melalui sensor pendeteksi gerakan. Lalu Doze akan mematikan proses-proses dari aplikasi yang menyedot banyak daya baterai.

Namun tenang saja, Doze tak akan membuat ponsel ataupun tablet jadi mati total. Beberapa hal penting seperti aplikasi pengiriman pesan dan alarm akan tetap aktif selama mode ini aktif.

Hal ini secara signifikan bisa memperpanjang daya tahan baterai perangkat Android. Menurut Google, Nexus 9 yang menggunakan Android M punya daya tahan baterai lebih panjang dua kali lipat dibanding yang menggunakan Android Lollipop.

Konsumsi daya yang lebih irit ini juga ditambah dengan dukungan penggunaan USB jenis baru, yaitu USB Type-C. Konektor serupa yang digunakan Apple di New MacBook dan di Chromebook Pixel terbaru.

Google menjanjikan USB jenis baru ini akan membuat proses pengisian baterai menjadi jauh lebih cepat, sekitar tiga sampai empat kali lebih cepat dibanding USB jenis sebelumnya.

 

Sumber: detik

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25
    tergantung pemakaian juga sih ini mah
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    tergantung pemakaian juga sih ini mah
    iya bener itu gan