shritz
Senior Level 9
30 Mei 2014 - 18:56

[Review] BlackBerry Z3 Jakarta

Sejak diperkenalkan pertama kali pada ajang Mobile World Congress akhir Februari lalu di Barcelona, BlackBerry Z3 langsung menyita banyak perhatian. Dahaga para pecinta BlackBerry di Indonesia pun seakan terpuaskan ketika "Jakarta" resmi diluncurkan di Indonesia 13 Mei lalu. Agaknya BlackBerry mulai memperhatikan persaingan dari ponsel pintar Android keluaran lokal, dengan kisaran harga 2,2 juta rupiah, Z3 Jakarta adalah ponsel pintar BlackBerry termurah dengan jeroan yang mumpuni. Chipset Snapdragon 400 dengan CPU Dual-core 1,2 GHz menjamin pengalaman UI yang mulus dengan OS terbaru BlackBerry 10.2 dan game yang bebas lag. RAM 1,5 GB yang terdengar "nanggung" namun sudah sangat baik mendukung kebutuhan multitasking pengguna.



 

BlackBerry Z3 dengan desain uni-body yang membuat kesan mahal ala BlackBerry terpancar dengan sempurna. Memang masih terasa plastik, namun dengan ukuran 140 x 72.8 x 9.3 mm dan cover belakang yang grippy membuat ponsel ini sangat nyaman dan mantap digenggam.

Layar 5 inci menjadi salah satu senjata dari BlackBerry Z3, agaknya tren layar besar turut diadopsi oleh BlackBerry untuk ponsel kelas menengahnya ini. Walaupun begitu, dengan densitas 220 ppi, layar 16 juta warna milik Z3 ini telah dapat menampilkan gambar dengan halus.

 

 

Untuk sektor kamera, agaknya BlackBerry melakukan pemangkasan dengan hanya membenamkan 5 MP untuk kamera utama dan 1,1 MP untuk kamera depan serta tidak adanya teknologi face detection. Pemotretan dalam cahaya rendah menghasilkan kualitas gambar yang baik, namun terkesan seadanya. Meskipun demikian, BlackBerry Z3 sudah memiliki fitur autofocus dan LED flash yang dapat mencuri perhatian terutama bagi pemuda pemudi yang gemar melakukan snap shot dalam kondisi apapun.

 

 

BlackBerry Z3 Jakarta juga memanjakan penggunanya dengan berbagai konten eksklusif berupa stiker BBM untuk pengguna di Indonesia. Selain itu, dengan hadirnya BlackBerry Hub, BlackBerry Z3 juga dijanjikan akan lebih mudah terhubung dengan saluran BBM lokal dan menerima lebih banyak pembaharuan. Dengan diusungnya nama Jakarta juga tentunya membuat pengguna di Indonesia lebih diistimewakan, antara lain dengan hadirnya menu bahasa lokal yakni Jawa dan Sunda dan keyboard dengan dukungan Bahasa Indonesia.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • shritz
    Senior Level 9

    Cantiknya BlackBerry Z3

    BlackBerry Z3 atau BlackBerry Jakarta adalah handphone BlackBerry pertama yang diproduksi bersama Foxconn. BlackBerry Z3 dirilis pada Februari 2014 lalu. Target pasar dari ponsel pintar ini adalah kalangan menengah ke bawah mengingat harganya yang pas di kantung dengan berbagai spesifikasi unggul. BlackBerry Z3 tersedia hanya dalam satu warna yakni warna hitam dan dibandrol dengan harga yang cukup murah, sekitar 2,1 juta.

    Dari segi bentuk, ponsel ini berdimensi 140 X 72,8 X 9,3 mm (5,51 X 2,87 X 0,37 inch) dengan berat 164 gram. Selain itu, lebar layar ponsel pintar keluaran terbaru perusahaan BlackBerry ini mencapai 5,0 inch dengan layar sentuh tanpa keypad.

    Untuk segi penyimpanan, BlackBerry tipe ini mempunyai penyimpanan yang cukup memuaskan yaitu memori internal mencapai 8GB dengan RAM sebesar 1,5 GB. Sedangkan untuk memori penyimpan eksternal, BlackBerry Z3 menyediakan ruang penyimpanan penyimpanan hingga 32GB. Keunggulan ini sangat memanjakan para pengguna yang ingin menyimpan berbagai jenis file.

    Untuk dapur sistem BlackBerry Z3 memakai sistem yang cukup canggih yaitu sistem Dual-Core 1,2 GHz Krait 200 dengan software BlackBerry 10.2.1. Baterai yang dipakai BlackBerry Z3 adalah baterai Li-Ion 2500 MAH yang memungkinkan waktu standby dari HP ini mencapai 384 jam, dengan waktu bicara 15 jam 30 menit. Namun, kekurangan ponsel canggih ini terletak pada baterainya yang tidak dapat dilepas.

    BlackBerry Z3 memiliki dual camera layaknya HP canggih lainnya. Kamera belakang ponsel ini memiliki kapasitas 5MP dengan autofocus, LED flash, mampu mendeteksi wilayah serta cuaca tempat pengambilan gambar. Dari segi kamera depan, ponsel ini berkapasitas 1,1 MP yang memungkinkan penggunanya melakukan video call.

    Mengenai jaringan, sayangnya BlackBerry Z3 kalah bersaing dengan ponsel pintar lainnya, dikarenakan jaringan yang hanya menggunakan sistem GPRS dan EDGE. Namun, handphone ini telah dilengkapi dengan WiFi, USB, dan Bluetooth versi terbaru v4.

    Fitur pendukung lainnya yang mempercantik ponsel ini adalah aplikasi-aplikasi pelengkap seperti BlackBerry Maps, Document Viewer yang memungkinkan penggunanya melihat dokumen via ponsel, Photo and Video Editor yang dapat digunakan untuk mengedit foto dan juga video seperti yang diinginkan. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan pengingat suara atau Voice Memo.