Reza Excell Naxblox'm
Junior Level 7
23 April 2015 - 12:27

Cara Menambahkan Kapasitas RAM pada Android

INILAH CARA MENAMBAHKAN RAM PADA ANDROID ANDA

 

Sebelum saya  jelaskan bagaimana menambahkan RAM pada Android,anda harus pahami terlebih dahulu bahwa pada dasarnya menambahkan android bukan berarti menambah RAM yang ada pada android kita.

Contoh : Samsung Galaxy J1 memiliki RAM 512MB dan tidak akan bias kita ubah kapasitasnya menjadi 1GB.karena pada prinsipnya menambahkan RAM itu adalah membuat virtual memory yang berfungsi sebagai kapasitas RAM bayangan.Sehingga membantu RAM internal smartphone kita dari foreground dan juga background.

Ada 3 metode dan 1 cara menggunakan aplikasi dalam menambahkan RAM

Cara Menambah RAM Android Dengan Aplikasi Swapper

 

Kita tidak dapat mengganti komponen RAM pada smartphone dengan komponen RAM yang lebih tinggi kapasitasnya, Salah satu cara menambah RAM Android adalah dengan menggunakan Memory Virtual. Prisip kerja memory virtual pada smartphone Android ini sama saja dengan Memory Virtual pada PC desktop/ laptop . Pada smarthphone Android kita akan menggunakan beberapa space pada memori eksternal untuk digunakan sebagai space tambahan RAM.Berikut langkah-langkah menggunakan Aplikasi RAM Swapper Android;

  1. Download dan Instal Aplikasi Swapper (atau sobat dapat mencari sendiri)
  2. Buka aplikasi Swapper yang sudah di-install
  3. Aktifkan opsi Active Swap on Boot.
  4. Di bagian Swap File Position, pilihlah opsi SD Card FAT Partition.
  5. Di bagian Swap File Size, masukkan space yang sobat inginkan untuk digunakansebagai virtual memori, misalnya saja 1000MB.
  6. Simpan konfigurasi.

Jika aplikasi Swapper masih belum cukup untuk meningkatkan kinerja RAM smartphone Android sobat, anda dapat mencoba opsi lainnya berikut ini:

Cara Menambah RAM Android dengan Aplikasi SD Booster

Untuk dapat menjalankan fungsi Swap RAM, SD card atau microSD yang digunakan haruslah microSD yang memiliki kualitas tinggi dimana nilai Write dan Read tinggi. Akan lebih baik jika sobat menggunakan paling tidak microSD class 10 dari merek yang terpercaya. Akan tetapi jika sobat tidak memiliki micoSD dengan kemampuan Read/ Write yang baik, sobat dapat mencoba aplikasi SD Booster. Aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan SD card dengan cara menaikan kecepatan Write dan Read. Berikut cara mengkonfigurasi Aplikasi SD Booster:

  1. Download Aplikasi SD Booster, kemudian install (atau sobat dapat mencari sendiri)
  2. Buka aplikasi SD Booster
  3. Pada isian Cache Size isikan nilai cache yang diinginkan. Nilai cache yang direkomendasikan adalah 1024 kb atau 2048 kb. Sedangkan nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) menunjukkan nilai cache yang digunakan saat ini.
  4. Check Set On Boot, fungsinya agar nilai cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat Anda mengalami restart.

Dan sekarang SD card sobat sudah siap. Oiya sobat, Aplikasi SD Booster ini juga sangat bermanfaat saat sobat bermain game, memainkan musik atau video dan lain sebagainya, karena aplikasi ini seperti yang kami bilang sebelumnya dapat meningkatkan kinerja SD card yang sobat miliki

Cara Menambah RAM Android dengan Juwe RAM Script 

Selanjutnya untuk semakin meningkatkan kinerja RAM yang sobat miliki, sobat Androbana dapat meng-install Juwe RAM Script. Untuk dapat menginstall script ini tentu saja Android sobat sudah terpasang folder init.D. Pengaplikasian script RAM ini sangat mudah yaitu:

  1. Download file Juwe RAM Script. ( atau sobat dapat mencari sendiri)
  2. Ekstrak file tersebut.
  3. Copy-kan file script tersebut ke folder init.D di folder System/etc.
  4. Ganti permission menjadi rwxr-xr-x.
  5. Reboot device Android sobat
  6. Tada.. Setelah langkah terakhir selesai dilakukan, seharusnya perangkat Anda bisa berjalan dengan lebih cepat. Anda bisa mengetesnya dengan memainkan game-game berat seperti game-game HD.

Jika sobat kesulitan meng-install Juwe RAM Script, sobat dapat mencoba aplikasi RAM Manager Pro yang lebih aman dan mudah tentunya. Itulah sedikit informasi mengenai bagaimana Cara Menambah RAM Android menggunakan aplikasi androidswapper, Juwe Ram SCRIPT dan SD Booster. Semoga Bermanfaat.

Bagi anda pengguna android yang ingin bebas menikmati berbagai macam aplikasi yang dapat menunjang anda, maka salah satunya adalah dengan memiliki RAM yang besar sehingga mampu menampung keinginan anda. Meskipun demikian ternyata RAM yang dimiliki ponsel anda disesuaikan dengan settingan pabrik sehingga anda harus mengatur aplikasi yang anda gunakan. Apabila anda merasa bahwa android anda tidak cukup multitasking maka ada solusi yang bisa anda dapatkan yaitu dengan menggunakan memori eksternal sebagai virtual memory.

Kelemahan bagi anda yang menyimpan banyak aplikasi dapat menggangu kinerja ponsel anda, bahkan tak jarang yang mengeluhkan smartphone lemot dikarenakan banyak aplikasi yang anda tampung. Bagaimana untuk menyediakan RAM yang dapat menampung aplikasi yang anda butuhkan dan juga dapat mempercepat performa android anda? Berikut adalah langkah yang dapat anda lakukan untuk menambah RAM dan mempercepat performa Android :

1.  Pertama-tama yang dapat anda lakukan adalah install swapper yaitu menambah virtual memory yang dapat berfungsi membantu kinerja RAM. Adapun tutorial yang dapat anda lakukan yaitu dengan download dan install swapper kemudian centang swap on boot < pilih SD Card FAT Partition untuk Swap File Partition< isikan value MB yang digunakan untuk viirtual memory di Swap File Size, misalnya 1000MB<1 GB

2.  Selanjutnya anda dapat menginstall SD-Booster yang dapat memfungsikan kecepatan SD Card ketika akan membaca/menulis data R/W. Sama halnya dengan overclock akan tetapi ini bukan prosesor melainkan SD Card. Untuk menggunakannya anda dapat, menginstall selanjutnya anda dapat mengisikan value di dalam kotak. Disarankan untuk menggunakan 1024 atau 2048.

3.  Selanjutnya anda dapat menggunakan Juwe RAM script. Pada saat memasang Juwe RAM Script pastikan bahwa anda siap melakukan root selanjutnya anda dapat menggunakannya dengan mendownload file kemudian ekstrak dan lalu pindahkan file ke direktori init.d yang berada di folder system/etc. Anda dapat merubahnya dengan rwxr-xr-x, restart ponsel anda.

 

Cara Menggunakan Aplikasi RAM Manager Pro

1.      Download Terlebih dahulu aplikasi RAM Manager Pro

2.      Pastikan android sobat sudah di root terlebih dahulu sebelum mengaktifkan Aplikasi

3.      Install aplikasinya RAM Manager Pro

4.      Setelah terinstall pasangkan android sobat dengan PC melalui USB Cable

5.      Centang Set on boot dan lock launcher in memory

6.      Pilih tan ekstra dan pilih swapfile di bagian yang ada paling bawah

7.      Pilih kembali penyimpanan yang akan menjadi virtual RAM anda lalu rekomendasi atau confirm ke memory SD

8.      Lalu Aka nada kolom swap file location lalu tulis saja tanpa di sertai tanda petik storagextsdcard

9.      Selanjutnya pilih saja kapasitas memory yang ingin di virtualkan contoh :206MB

10.  Pilih Confirm

11.  Lalu selanjutnya proses akan berjalan,proses ini bias menghabiskan waktu hingga 1 Jam

12.  Jika proses sukses maka aka nada bacaan swap file in memory card  (Jangan di hapus)

13.  Setelah itu maka semua proses telah selesai di lakukan.

Semoga berhasil sobat,,saya sudah mencoba !!!!!!!!!!!

 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Dimasdanz
    Senior Level 9
    Dulu pernah pake ginian nih, lumayan nambah performa.
    Tapi kalo microSD ga high speed kaya Class 10 ato UHS malah tambah pelan androidnya.
    Jadi kalo mau nambah swap memory (Virtual RAM/Swap RAM) pastiin dulu microSD yang dipake high speed

    Satu lagi, kalo RAM fisik si Androidnya udah gede, mending gausah, swap memory cuma buat bantu RAM kalo penuh biar aplikasi ga force close, jadi kalo masi aman-aman aja si Androidnya mending dibiarin settingan awal. Lagian Android memory managementnya bagus kok! laughing

    Nice post gan!
  • Reza Excell Naxblox'm
    Junior Level 7
    sip komennya bagus
  • Bima Satria
    Master Level 25
    nambah ram buat ios gimana ?
  • Reza Excell Naxblox'm
    Junior Level 7
    untuk saat ini ios memang sulit untuk kuta upgrade karena mereka memiliki high protection di systemnya
  • ajengputrip
    Professor Level 14
    btw, bagusan management memory andro apa ios gan?
  • Reza Excell Naxblox'm
    Junior Level 7
    Jelas lebih bagus android karena android berada system open sources yang artinya siapapun bisa mengambil tanpa harus bayar,seangkan ios hanya bisa d akses oleh handphone keluaran apple itu sendiri saja dan itu pun berbayar
  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    ada efek sampingnya ga nih gan ?
  • Reza Excell Naxblox'm
    Junior Level 7
    Asalkan kita tidak ambisi untuk menambah terlalu banyak ,kemungkinan kecil untuk ada efek sampingnya
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13
    Ngga bikin meleduk kan gan?