ryoknk
Novice Level 1
23 May 2018 - 15:55

Tips Foto Bokeh Dengan Kamera Digital Pocket Kesayanganmu

Efek bokeh adalah salah satu trik fotografi yang cukup digemari oleh para fotografer. Percaya atau tidak Kamu bisa menghasilkan foto bokeh tanpa harus menggunakan Kamera Digital profesional yang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Dengan menggunakan Kamera Digital Saku atau Pocket kini kamu bisa membuat efek bokeh pada hasil jepretannya.

Meski memang jika dibandingkan dengan Kamera Profesional hasilnya lebih maksimal, tapi menggunakan Kamera Saku pun tidak begitu buruk. Bagi yang belum tahu, efek bokeh dalam dunia fotografi merupakan efek blur atau daerah di luar fokus yang indah. Umumnya, efek ini bersifat memberi dimensi kedalaman dalam sebuah foto.

Langsung saja bagi yang penasaran bagaimana caranya membuat efek bokeh dengan menggunakan Kamera Pocket atau Saku

  • Jika kamu menggunakan Kamera pocket yang canggih, biasanya akan ada mode aperture priority, kamu bisa menggunakan mode ini. Namun, jika Kamera Pocket yang kamu gunakan tidak memiliki mode aperture priority sebagai gantinya kamu bisa menggunakan mode “Potrait” atau pun mode “Macro”.
  • Kemudian matikan fitur flash light.
  • Untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang menarik dan bagus maka idealnya carilah lokasi yang memiliki tingkat pencahayaan yang tinggi.
  • Kemudian kamu bisa mencari sebuah subjek foto yang berukuran kecil dan memiliki pola tekstur atau kontras yang dinilai cukup sehingga nantinya Kamera akan lebih mudah dalam mengunci fokus foto.
  • Untuk dapat membuat efek bokeh, buatlah sebuah objek yang terpisah dari background. Dalam hal ini, seperti ketika kamu akan memotret sebuah objek pastikan bahwa objek lain yang ada di belakang gelas terpisah dengan jarak yang agak jauh dari objek yang akan difoto. Apabila jarak background kurang jauh, maka semua akan terlihat tajam difoto sehingga kamu tidak akan menghasilkan efek bokeh yang menawan.
  • Sedikit tips untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang lebih bagus maka carilah sebuah background yang polanya cukup mencolok agar nantinya foto bokeh tampak lebih menawan.
  • Ketika akan mengambil gambar pastikan posisi kamu mendekat ke objek foto yang akan dipertajam.
  • kemudian kuncilah titik fokus yang tertumpu pada subjek foto utama tersebut kemudian tekan tombol shutter separuh.
  • Kemudian lihat hasilnya pada LCD Kamera kamu apakah hasil efek bokehnya terlihat dengan baik atau tidak. Jika masih kurang puas kamu bisa melakukan hal tadi dengan lebih teliti lagi.

Itu dia tadi tips membuat foto bokeh dengan Kamera Pocket atau Saku. Semoga informasi tadi bisa membantu dan semoga bermanfaat bagi kamu semua.

Sumber : https://kliknklik.com/blogs/tips-foto-bokeh-dengan-kamera-digital-pocket-kesayanganmu/

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar